Header Ads

  • Breaking News

    6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

    Sebuah blog tanpa pengunjung bagaikan rumah tanpa penghuni. Seberapa bagus desain blog Anda, dan seberapa berkualitasnya konten di blog yang Anda miliki. Semua akan sia-sia, jika tidak memiliki pembaca.




    Bahkan bagi seorang blogger, pengunjung memiliki peranan penting untuk kemajuan blog mereka. Bayangkan saja jika blog yang Anda kelola tanpa pengunjung, atau pengunjung blog Anda hanya sedikit. Besar kemungkinan Anda akan putus asa mengembangkan blog tersebut.

    Selain itu, jika Anda memanfaatkan blog sebagai salah satu sumber penghasilan. Jumlah pengunjung menjadi salah satu faktor dari besarnya penghasilan yang Anda peroleh selain topik blog, dan jenis sumber penghasilan. Maka dari itu, kami akan sedikit share cara untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Berikut 6 cara tersebut:

    1. Share ke sosial media.
    Sosial media adalah tempat berkumpulnya para pengguna internet dari berbagai penjuru dan kalangan. Juga dengan minat yang berbeda-beda. Mereka berkumpul dan berbaur untuk berkomukasi satu dengan yang lainnya di sosial media, seperti Facebook, twitter dan lain sebagainya.

    Maka, sosial media bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan banyak pengunjung blog. Caranya tentu dengan men-share postingan yang ada di blog ke sosial media menggunakan akun khusus atau personal yang Anda miliki.

    2. Riset kata kunci.
    Jika mengharapkan banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari. Sangat di anjurkan untuk meriset kata kunci sebelum membuat postingan. Tujuannya, agar mendapatkan kata kunci yang ideal (bisa long tail keyword, atau kata kunci yang volume pencariannya banyak).

    Namun, riset kata kunci saja tidak cukup. Untuk mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari, Anda harus memahami SEO. Sebab, mesin pencari memberikan peringkat pada sebuah blog atau website bukan secara acak, melainkan ada aturanya.

    3. Blogwalking.
    Blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain lalu memberikan komentar pada postingan adalah cara efektif untuk meningkatkan pengunjung blog. Hal ini karena pemilik blog yang kita kunjungi akan berkunjung kembali ke blog Anda. Selain itu, ada kemungkinan pembaca blog yang Anda komentari juga berkunjung ke blog Anda, terlebih jika komentar Anda menarik.

    4. Bergabung di forum setopik.
    Selain sosial media, banyak juga pengguna internet yang berkumpul di forum. Jadi ada baiknya Anda bergabung ke forum yang membahas topik blog Anda. Anda dapat menemukan forum tersebut menggunakan bantuan Google.

    Umumnya, sebuah forum berisi orang-orang yang memiliki minat dengan topik yang dibahas, atau setidaknya menyukainya. Jadi akan sangat efektif jika mempromosikan blog Anda ke forum yang setopik.

    5. Submit ke sosial bookmark.
    Sosial bookmark berfungsi untuk menyimpan url sebuah website atau postingan secara online dan dapat dilihat secara publik. Sehingga akan ada orang lain yang menggunakan sosial bookmark tersebut yang melihat blog yang Anda submit (simpan).

    Setelah menerbitkan postingan, maka sebaiknya Anda men-submit postingan tersebut ke sosial bookmark. Banyak sekali sosial bookmark yang bisa Anda gunakan baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Selain itu sangat bagus untuk meningkatkan kualitas SEO blog Anda.

    6. Menjadi penulis tamu di blog ternama.
    Cara meningkatkan pengunjung yang terakhir adalah menjadi penulis tamu di blog ternama yang sudah pasti memiliki banyak pengunjung. Saat mengirimkan tulisan, jangan lupa sisipkan link aktif ke blog atau postingan Anda.

    Selain menarik perhatian pengunjung blog tersebut untuk berkunjung ke blog Anda. Anda juga bisa mendapatkan backlink yang berkualitas. Sehingga akan meningkatkan peringkat blog di mesin pencari.

    Demikianlah 6 cara untuk meningkatkan pengunjung blog. Lakukan satu demi satu cara-cara di atas agar tidak terbebani.

    15 comments:

    1. nah...nah...nih...poin 6 jadi penulis di blog ternama adalah pilihan yang paling pas kalau admin jadi penulis di blog DESA CILEMBU...*ehh

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sebenarnya pingin juga, pak, tapi sayangnya saya ada kewajiban menulis di dua situs, jadi saat ini belum bisa, pak. :)

        Delete
    2. Nah, sosial bookmark itu yang aku belum paham. Hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu mudah dipahami, pak Djacka. :)

        Delete
    3. Betul banget..
      Kalau saya jarang nyari pengunjung, malah pengunjung yang antri keblog saya he..he..
      Mungkin karena diblog saya suguhin kopi ๐Ÿ˜‚

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa jadi, perbanyak kopinya, pak Bim. :)

        Delete
    4. Satu lagi mbku jngan lupa share ke G+ secara acak .....eh G+ itu termasuk socal media nggak....?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gplus juga termasuk social media, trim, tambahannya, pak. :)

        Delete
      2. oh gitu ya,,,,kirain lain ...masalahnya saya suka banget di G+ banyak cewek ramah ramah

        Delete
      3. Apa saya masuk cewek ramah di gplus, pak?

        Delete
    5. masih harus banyak banyak belajar ni. cara meningkatkan trafik diblog mas, sendiri . mbak. :)
      makasih kiat-kiatnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pelan² nanti juga traffic banyak, kak.

        Sama-sama. :)

        Delete
    6. Nah ini setuju aku, bisa di praktekan juga. Untuk jadi penulis tamu, aku sudah jalanin hingga saat ini :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu sangat bagus, kak, kalau menjadi penulis tamu, semoga kakak tetap semangat. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad