Header Ads

  • Breaking News

    7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Durian

    7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Durian

     Jika kita sedang asyik berjalan-jalan dengan mobil, terkadang kita sering melihat deretan buah durian di pinggir jalan yang di susun menggoda oleh pedagang durian. Hal tersebut merupakan promosi dari pedagang tersebut agar kita tertarik membeli durian tersebut.

    Pengalaman ini sering saya alami saat sedang liburan akhir tahun. Dimana ketika mengunjungi daerah tertentu sering melihat pedagang durian yang menjajakan dagangannya. Saya rasa anda pun pasti tertarik melihat deretan durian yang begitu menggoda.

    Buah durian siapa yang tidak kenal? Buah yang telah ada selama ratusan tahun tapi sekarang mulai mendapatkan popularitas mainstream. Buah yang memiliki kulit berduri tajam, aroma yang menyengat, serta rasanya yang manis dan lezat hingga membuat banyak orang ketagihan oleh rasa buah ini.

    Selain rasanya yang manis dan lezat ternyata buah ini banyak memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Dan beberapa manfaat tersebut telah saya rangkum seperti dibawah ini.

    7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Durian



    1. Kalori dan Lemak

    Buah durian mengandung sekitar 357 kalori, yang terdapat di dalam 1 porsi buahnya. Buah durian juga mengandung lemak namun dalam jumlah yang sedikit lemak , yaitu sekitar 13 gram per porsi untuk 33 persen dari kalori. Batasi asupan lemak sekitar% dari kalori harian, jika menonsumsi buah durian.

    2. Karbohidrat

    Terdapat sekitar 130 gram karbohidrat di dalam satu porsi durian, dan ini mencukupi sekitar setengah jumlah kalori yang disarankan per hari. Saat mengkonsumsi durian, hati-hati untuk rencana makan, dengan memonitor konsumsi karbohidrat. Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan berkarbohidrat, dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan. Sertakan juga dalam menu makan sekitar 25-38 gram serat untuk membantu mencegah sembelit, diare dan masalah perncernaan lainnya.

    3. Protein

    Satu porsi durian mengundang protein sebanyak  3,6 gram atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4 persen menjadi 7,8 persen. Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2010 dari “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah-buahan, sayuran dan sumber-sumber lain mungkin akan lebih baik untuk menekan resiko ini.

    4. Vitamin dan Mineral

    Setiap 1 porsi durian mengandung 80 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Vitamin C juga berfungsi dalam pembentukan kolagen pada kulit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, durian juga mencukupi asupan vitamin B-6 yang dibutuhkan dalam tubuh setiap hari.

    5. TrIptopan

    Triptopan dikenal sebagai obat tidur alami yang salah satunya didapat buah durian. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

    6. Tiamin

    Jika tubuh membutuhkan lebih banyak tiamin, buah durian bisa menjadi sumber tiamin alami. Buah durian mengandung sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin inilah yang berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh, untuk berubah menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.

    7. Folat

    Zat asam tolat  banyak didapat pada buah durian, satu porsi buah durian berisi setidaknya 20% kebutuhan harian kandungan ini. Asam folat dapat membantu tubuh mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, bahkan membantu fungsi otak berjalan dengan benar.

    Ada banyak manfaat kesehatan dari buah ini, tapi pastikan anda tidak makan terlalu banyak. Buah yang sangat kaya akan banyak hal yang meliputi karbohidrat, kalori, dan lemak yang bisa menyebabkan anda bertambah gemuk. Namun bila dimakan secukupnya, bisa menjadi buah yang sangat sehat dan bermanfaat untuk asupan tubuh kita.

    Oh ya pembaca sekalian, satu lagi jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini. Karena jika tidak tawar dengan buah ini bisa menyebabkan mabuk durian, yaitu perasaan mual-mual disertai kepala pusing. Jadi, pastikan anda mengkonsumsinya secara wajar dan secukupnya saja. Agar apa yang anda makan sesuai dengan porsi dan kadarnya. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad