Header Ads

  • Breaking News

    Apa Saja Yang Ditanam di Taman Toga

    Moms, banyak sumber, seperti herbalisnusantara.com, yang menyatakan bahwa negara kita sangat kaya dengan varietas tanaman, terutama tanaman obat. Sayangnya, kadang kita enggan untuk memiliki tanaman obat sendiri dan justru bergantung pada obat-obatan kimia. Padahal jika kita mau, cukup dengan sedikit meluangkan waktu Anda sudah bisa memiliki taman toga keluarga sendiri atau biasa disebut dengan apotek hidup.

    Dikenal sebagai apotek hidup karena memang tanaman tersebut hidup sekaligus memberikan manfaat medis yang luar biasa. Nah, penasaran kan seperti apakah bentuk taman toga? Pastinya juga, makin penasaran dengan jenis tanaman obat apa saja yang dapat dijadikan apotek hidup, iya kan? Dikutip dari laman tanaman.org, ada beberapa tanaman obat yang wajib dan cocok untuk dijadikan sebagai apotek hidup koleksi pribadi. Nih dia di antaranya Moms:

    Lidah buaya (aloe vera)
    Tanaman obat ini memang sangat dikenal manfaatnya sebagai penyubur rambut. Padahal, lidah buaya ini juga dapat digunakan untuk meredakan batuk. Bahkan, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan baku makanan seperti halnya nata decoco.

    Mengkudu (pace)
    Tanaman mengkudu memiliki ukuran yang lebih besar. Buah mengkudu dapat digunakan untuk meredakan osteoporosis sekaligus memperlancar sistem pencernaan moms sekalian. Nah, cara memanfaatkannya pun sangat mudah yakni dengan cara memasaknya atau menjadikannya sebagai jus.

    Jambu
    Dari pohon jambu biji yang bisa dimanfaatkan adalah daun dan buahnya. Daun dapat dibuat obat untuk diare sedangkan buah jambu biji dapat digunakan untuk mencegah penyakit demam berdarah.

    Daun Sirih
    Daun sirih merupakan tanaman obat sekaligus penghias taman yang wajib dimiliki. Bermanfaat untuk antiseptik dan dapat juga digunakan untuk penghentian pendarahan pada saat mimisan.

    Salamat Membaca..!

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad