Header Ads

  • Breaking News

    Kurangi Minum Kopi

    Dengan kegiatan dan pekerjaan yang padat saat ini, banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi. Kita yang suka kopi, atau sering minum lebih dari 3 cangkir kopi sehari dan melakukannya setiap hari  bahkan tidak bisa lepas dari kopi mungkin menyadari ada yang tidak beres.



    Kita menjadi ketergantungan dengan kopi dan bahkan merasa sakit karena jika tidak minum kopi dalam sehari. Hal ini wajar sekali untuk kita yang suka minum kopi, faktanya kopi memang memiliki kandungan kafein yang adiktif atau membuat candu. Kafein adalah stimulan sistem syaraf pusat, dan dalam dosis standar atau rata-rata bisa menyebabkan ketergantungan fisik ringan.

    Jika kita mengonsumsi secara terus-menerus dan berkala bahkan dengan dosis yang lebih banyak setiap harinya, tidak heran pengaruh kafein dalam tubuh juga semakin terasa. Jika kita berhenti minum minuman berkafein secara tiba-tiba setelah minum banyak minuman berkafein dalam jangka waktu lama, kita mungkin memiliki gejala kesakitan seperti misalnya sakit kepala, kelelahan, gelisah, mudah tersinggung atau mudah marah, sulit berkonsentrasi hingga depresi.

    Meski memang minuman berkafein memiliki dampak buruk pada kesehatan fisik, namun tidak lebih parah dari alkohol dan obat-obatan terlarang dan bisa cepat disembuhkan. Itulah mengapa, para dokter atau ahli kesehatan dan peneliti menganggap ketergantungan kopi bukan merupakan kecanduan sejati yang sangat buruk untuk kesehatan. Meski begitu, sebaiknya kita mulai mengurangi konsumsi kopi, agar hidup lebih sehat.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad