Header Ads

  • Breaking News

    Pekerja Lepas (Freelancer)

    Bagi kita yang tak suka bekerja terikat dengan jam kantor, pilihan menjadi seorang pekerja lepas (freelancer) tampak menjadi pilihan yang sempurna. Biasanya kita akan membayangkan bahwa menjadi freelancer itu sangat menyenangkan. Bisa mengatur jadwal kerja sendiri. Bisa bekerja di mana saja, bahkan dari kamar tidur sendiri. Dan juga bisa bebas menentukan waktu libur sendiri. Tapi apakah dunia freelancer itu penuh dengan kesenangan dan kebebasan?





    Sebelum Terjun ke Dunia Freelancer

    Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui ketika akan terjun sebagai seorang freelancer. Pertama, kita harus memiliki komitmen. Karena nantinya kita bekerja secara independen, kita harus memiliki kedisiplinan dan kemampuan untuk mengontrol diri dengan baik. Setiap tenggat waktu (deadline) tidak bisa kita abaikan begitu saja, demi reputasi dan nama baik kita sendiri.

    Kedua, kita harus menetapkan target. Saat bekerja sendiri, kita perlu proaktif untuk mengembangkan kemampuan dan pekerjaan yang kita lakukan. Buatlah rencana dan target yang terukur agar nanti kita bisa tetap bertahan di tengah kompetisi bisnis yang akan semakin ketat.

    Ketiga, fokus pada keahlian kita. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh freelancer. Beberapa di antaranya adalah penulis lepas, penerjemah lepas, desainer lepas, dan bisnis online. Cari tahu keahlian yang kita miliki dan fokuslah pada kelebihan kita agar kita  siap bersaing dengan para freelancer lainnya.

    KeEmpat, jangan lupa untuk melebarkan sayap. Maksudnya adalah jangan sungkan untuk berkenalan dengan orang-orang baru. Berkenalan dengan orang-orang yang sama-sama bekerja sebagai freelancer. Siapa tahu suatu saat kita membutuhkan bantuan dan orang-orang yang kita kenal akan jadi orang yang siap membantu kita.

    Suka Duka Menjadi Freelancer

    Setiap profesi atau pekerjaan pastilah punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula ketika bekerja sebagai freelancer. Ada yang menyenangkan, ada juga yang tidak menyenangkan. Tinggal bagaimana kita berkompromi pada diri kita sendiri.

    Ini dia beberapa tantangan atau hambatan yang biasanya muncul saat kita bekerja sebagai freelancer.

    *Melakukan segala sesuatunya secara mandiri.
    * Ada masanya ketika kita  harus lembur berhari-hari untuk mengerjakan sebuah proyek atau pekerjaan.
    *Tapi ada juga saatnya kita tidak mendapatkan pekerjaan atau proyek apapun dalam waktu berminggu-minggu.
    * Disiplin dan komitmen diri bisa menjadi hal yang berat untuk dilakukan.
    * Harus siap berkompetisi dan "menjual diri" dengan para freelancer lainnya.
    * Harus mampu menegosiasikan tarif dan tenggat waktu dengan klien.

    Dan, ini dia beberapa hal menyenangkan yang bisa kita dapat saat bekerja sebagai freelancer.

    * Bisa mengatur jadwal kerja sendiri.
    * Tak harus terjebak macet setiap hari karena bisa bekerja di mana saja, termasuk dari rumah sendiri.
    * Bisa membuat ruang kerja sendiri yang lebih efisien.
    * Dapat membagi prioritas waktu dengan keluarga lebih efektif.
    * Bisa jadi bos untuk diri sendiri.

    Kita berhak memilih jalur karier kita sendiri. Entah itu sebagai karyawan, pengusaha, atau pekerja lepas (freelancer). Tinggal bagaimana kita bisa menempatkan diri dan menggunakan kemampuan kita seoptimal mungkin.
    Nah, begitulah sedikit wawas untuk menempatkan karier kita, semoga bermanfaat.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad