Header Ads

  • Breaking News

    Cara Mengatasi Kegagalan Sebagai Pekerja Lepas (Freelancer)

    Munculnya koneksi internet yang meluas dan keinginan untuk gaya kerja yang fleksibel banyak orang yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan kini memulai karir sebagai pekerja lepas, desainer grafis, programer, dan sebagainya. Namun, beberapa orang menerima pelatihan praktis atau psikologis ketika menjalankan bisnis mereka sendiri atau ingin hidup sukses sebagai individu wiraswasta.



    Praktis dibandingkan keterampilan psikologis: Mengapa Anda membutuhkan keduanya untuk berhasil?

    Ketika Anda mulai melakukan sebagai orang wiraswasta, Anda tentu perlu memastikan bahwa Anda memiliki keterampilan berharga, bahwa Anda tahu bagaimana menemukan klien, dan Anda tahu bagaimana harga pekerjaan Anda. Pada saat yang sama, menjalankan bisnis ini hanya sebanyak psikologis sebagai tantangan praktis.

    Salah satu keterampilan profesional kunci penting untuk semua orang, tetapi terutama penting bagi seorang pekerja lepas, adalah mengetahui bagaimana untuk bangkit kembali dari kegagalan. Ketika Anda bekerja dengan orang lain, Anda dapat melihat ke orang lain untuk dukungan. Tidak begitu ketika Anda bekerja sendiri. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu mengantisipasi kemunduran dan belajar bagaimana untuk mengatasinya sendiri.

    Reputasi Anda adalah penting, yang dapat membuat prospek kegagalan terutama rasa ketakutan.



    Kegagalan sangat sulit bagi seorang pekerja lepas (freelancer) karena reputasi pribadi dan profesional Anda lebih rapuh dan penting daripada seorang karyawan gaji rata-rata. Oleh karena itu penting bahwa Anda memiliki sikap yang sehat terhadap kegagalan dan siap untuk mengatasi kemunduran.

    Berikut adalah beberapa kebenaran yang perlu Anda hadapi untuk mendorong diri Anda bangkit dari kegagalan!

    1. Kegagalan tidak bisa dihindari.

    Apakah itu kesulitan dengan situs web pertama Anda atau tenggat waktu proyek tak terselesaikan, Anda akan gagal pada tahap tertentu. Jika Anda tidak bisa berurusan dengan kenyataan ini, mempertimbangkan apakah kehidupan pekerja lepas adalah benar-benar untuk Anda. Anda akan membuat kesalahan, Anda akan mengambil lebih dari yang Anda dapat menangani dari waktu ke waktu, dan Anda akan kehilangan, hari sesekali di sana-sini memperbaiki kesalahan Anda. Namun Anda harus menyadarinya bahwa Anda manusia biasa yang pastinya masih banyak kekurangan.

    2. Anda tidak harus mencoba untuk menyembunyikan kegagalan Anda.

    Tidak perlu untuk mengatakan kepada semua orang ketika Anda membuat kesalahan, tapi Anda harus selalu jujur ​​dengan mereka yang akan terpengaruh oleh kesalahan-kesalahan Anda, apakah itu klien atau orang yang memberi Anda pekerjaan. Kejujuran adalah kebijakan terbaik. Berbohong adalah stres, dan kebenaran memiliki kebiasaan keluar pada akhirnya. Selanjutnya, klien menghormati seorang pekerja lepas yang jujur dan ​​mengakui kesalahannya. Mereka tidak akan pernah menghormati pembohong.

    3. Ingat bahwa beberapa bulan dari sekarang, Anda mungkin bahkan tidak akan ingat kesalahan tertentu.

    Ketika Anda mengalami kegagalan, dapat merasa seolah-olah dunia telah berakhir dan bahwa karir Anda akan berakhir selama-lamanya. Hal ini terutama mungkin jika Anda berada di bawah banyak stres atau bekerja pada sebuah proyek sangat penting. Namun, penting bahwa Anda tetap tenang, tetap jujur ​​dengan semua orang yang terlibat, dan mengingatkan diri sendiri bahwa dalam waktu beberapa bulan, Anda mungkin sudah lupa semua tentang kesalahan Anda.

    4. Anda harus selalu belajar dari kesalahan Anda.

    Sementara tidak ada gunanya berada di kesalahan Anda sekali setiap krisis yang diberikan telah berlalu, Anda harus selalu mencoba dan belajar dari pengalaman. Bagaimana Anda bisa mencegah kesalahan yang sama terjadi lagi? Membuat jurnal atau log profesional jika memungkinkan. Banyak orang mengatakan bahwa "pengalaman adalah guru terbaik" itu memang benar.

    5. Hal ini penting untuk mengucapkan selamat kepada diri Anda untuk melakukan yang terbaik yang Anda bisa.

    Selalu merayakan keberhasilan profesional Anda, karena mereka sama pentingnya dengan kegagalan Anda! Ketika sesuatu berjalan salah, ingatkan diri Anda dari dua atau tiga keberhasilan baru. Menjaga pandangan yang seimbang dari karir dan proyek Anda.

    Kehidupan pekerja lepas bukan untuk semua orang. Hal ini membutuhkan ketahanan mental yang luar biasa dan tekad. Namun, juga dapat menawarkan manfaat yang signifikan dalam hal pendapatan dan gaya hidup. Siapkan diri Anda untuk titik rendah yang tak terelakkan dan Anda akan menjadi salah satu langkah lebih dekat untuk karir pekerja lepas yang sukses.

    8 comments:

    1. Yang menjadi catatan terpenting bagi saya pribadi adalah belajar dari kesalahan..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Benar, pak, dengan belajar dari kesalahan maka sukses sudah dekat. :)

        Delete
    2. sepakat mbak, belajar dari kegagalan ya....

      ReplyDelete
    3. jatuh terselandung itu hal biasa.
      kalo belom sampe tujuan.. wake up guys elo belom sampe
      ntar kalo udah sampe barulah elo menikmati bakso nya :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul.. Betul jstuh bangun, dan jalan lagi ketika sampai dapat bakso yang lezat. :)

        Delete
    4. kegagalan memang sesuatu hal yang pasti ada dalam setiap gerak hidup kita, tinggal bagaimana kita menyikapinya, trims infonya

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad