Header Ads

  • Breaking News

    Cara Mengatasi Safe Mode pada Windows 8

    Bekerja dengan komputer: pasti kita akan merasa resah dan jengkel ketika akan menggunakan komputer tiba-tiba tidak bisa dan masuk safe mode terus menerus. Untuk itu, kami akan membagikan tutorial cara mengatasi safe mode pada komputer Anda khususnya Windows 8.

    Sebenarnya ada beberapa hal penyebab komputer masuk safe mode diantaranya:

    Ketika kita terus bekerja dengan Windows 8 untuk waktu yang sangat lama, kadang-kadang sistem operasi mungkin rusak karena beberapa perubahan perangkat lunak atau fungsi sistem yang tidak baik. Untuk memperbaiki masalah tersebut, banyak kali kita mungkin perlu untuk sengaja memulai komputer dengan safe mode.

    Untuk memulai safe mode di komputer Windows 8, biasanya akan dilakukan setelah monitor menampilkan layar pertama, dan mulai menekan tombol F8 pada keyboard berulang kali sampai menu opsi boot dengan daftar beberapa opsi boot ditampilkan. Kemudian kita dapat memilih opsi safe mode dari daftar secara manual.

    Juga, banyak kali file dapat merusak Windows karena beberapa aplikasi yang rusak. Sebagai hasil dari ini, sistem secara otomatis terus restart di safe mode.

    Ketika komputer mulai di safe mode, hanya layanan latar belakang minimal yang sangat penting untuk boot dan menjalankan Windows diinisialisasi. Layanan yang tidak wajib untuk menjalankan Windows tidak dimulai pada safe mode, maka memungkinkan sistem OS untuk mengkonsumsi sumber daya sangat kurang.

    Karena semua layanan non-wajib seperti layanan audio, grafis, dll tetap diinisiasi ketika Windows berjalan di safe mode, kita mungkin akan terganggu karena loop komputer mulai tak terbatas dalam mode ini. Hal ini karena kita tidak dapat menggunakan multimedia atau grafis.

    Baiklah, bagaimana cara mengatasi masalah Ini? Mari mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Masuk ke komputer Windows 8 Anda, menggunakan akun administrator.

    2. Klik tombol Start.

    3.Pada bagian bawah menu start, di kotak pencarian, ketik kata kunci MSCONFIG kemudian tekan Enter.

    4. Lalu akan masuk ke tampilan System Configuration, kemudian klik Boot. Lalu untuk melanjutkan klik OK.



    5. Pada kolom Boot, di bagian bawah Boot options, hapus tanda centang pada kotak Safe boot. Setelah selesai, untuk melanjutkan klik OK.

    6. Pada kotak yang ditampilkan, klik tombol Restart untuk me-restart komputer, dan sistem memungkinkan menerapkan perubahan.

    7. Kemudian komputer Anda akan mulai dari mode normal.

    8. Ketika mulai menggunakan sistem normal, dan segera membuat penyesuaian yang tepat dalam pengaturan Windows untuk menghindari masalah di masa depan.

    Well, begitulah cara yang mudah untuk mengatasi safe mode pada Windows 8. Semoga membantu untuk pengguna Windows tersebut yang mengalami masalah safe mood.

    Catatan: Anda dapat mengkonfigurasi Windows untuk selalu memulai di safe mode dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dan memeriksa atau menghapus tanda centang pada opsi safe boot seperti pada langkah nomer 5. Apabila dengan langkah demi langkah di atas masih saja komputer Anda masuk safe mode. Maka yang harus Anda lakukan ialah menghapus file yang membandel dari hard drive komputer. Kemudian Anda bisa mengulangi langkah demi langkah di atas.

    10 comments:

    1. Neng Wulan pinteran ihh, saya mah kalau soal jeroan komputer nggak berani utak-atik, takut merembet ke mana-mana. Tapi tutoril tetang Cara Mengatasi Safe Mode pada Windows 8 ini sangat membantu bila terjadi hal seperti di atas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ini kebetulan saja pengalaman pribadi, pak, jadi saya tulis siapa tahu ada yang membutuhkan. :)

        Delete
      2. Pasti sangat membantu, adalah hal yang positif sebagai blogger selalu berbagi pengalaman tentang hal apapun asal yang positif tentu saja...

        Delete
    2. Wah.. Ini penting juga nih kalau nanti punya windows 8..
      Untuknya masih pakai smartphone, jadi belum terlalu ruwet..

      ReplyDelete
    3. saya masih pake window 7 jadi mengatasi safe mode diatas tentu nggak bisa diterapin di laptop saya kan?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sepertinya hampir sama, pak, bisa di coba. :)

        Delete
      2. emangnya berani bayar berapa kalau saya cobain, coba?

        Delete
    4. Weleh, saya malah yang minta ditraktir kopi. :)

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad