Header Ads

  • Breaking News

    4 Tips Ampuh untuk Atasi Kecanduan Smartphone

    Di era digital seperti sekarang hampir semua orang menggunakan Smartphone. Terutama mereka yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar dan kota-kota lainnya.



    Pada dasarnya Smartphone memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Sebab, dengan Smartphone Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain, entah itu teman Anda, rekan kerja, atau keluarga Anda menggunakan berbagai macam aplikasi. Selain itu, Smartphone juga dapat menunjang pekerjaan kantor Anda dengan menginstal beberapa aplikasi pendukung.

    Namun, penggunaan yang berlebihan (sudah masuk dalam katagori kecanduan) dapat merugikan penggunanya. Sebab, akan menurunkan produktivitas, juga mengganggu kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini, berikut 4 tips mengatasi penggunaan Smartphone secara berlebihan.

    1. Mengaktifkan Mode Silent
    Beberapa orang cenderung mengecek notifikasi yang masuk ke Smartphone, meski hanya notifikasi yang tidak terlalu penting. Misalnya, notifikasi dari sosial media Facebook 'Agus Mulyadi dan 60 teman lainnya menyukai foto Anda'.

    Kejadian seperti itu akan membuat pengguna tidak dapat lepas dari Smartphone mereka. Sehingga dapat mengganggu produktivitas kerjanya. Oleh karena itu, coba aktifkan mode silent pada ponsel pintar Anda.

    Cara ini akan membuat pengguna tidak bisa mendengar notifikasi yang masuk ke Smartphone nya. Sebab, tiap kali notifikasi masuk, hanya ditandai dengan notifikasi LED.

    2. Letakan Smartphone di Tempat yang Tidak Terlihat
    Ada sebuah ungkapan yang berbunyi "Tak terlihat, tak terpikirkan?" Kalimat tersebut pertama kali muncul ketika Nokia Merilis ponsel 3310. Ungkapan tersebut menunjukan, jika sebuah benda tidak terlihat, maka benda tersebut tidak akan terpikirkan.

    Maka dari itu, untuk mengurangi kecanduan Smartphone. Anda dapat menempatkan ponsel pintar Anda di tempat yang tidak terlihat. Tujuannya, agar Anda tidak selalu memikirkan untuk menggunakan Smartphone.

    3. Letakan Smartphone di Satu Tempat Ketika Berkumpul
    Tidak sedikit orang yang ketika berkumpul bersama dengan teman-teman mereka, justru lebih banyak melihat ke layar ponsel cerdas nya. Anda mungkin pernah melihat kejadian tersebut. Atau justru sering mengalaminya.

    Untuk mengatasi kejadian di atas, sebaiknya Anda bersama dengan teman Anda menyusun Smartphone masing-masing di satu tempat. Dengan demikian obrolan akan menjadi lebih mengasyikan, sebab semua orang fokus ke topik obrolan bukan ke layar Smartphone.

    4. Aktifkan Notifikasi Pada Hal-hal Penting Saja
    Jika mode silent akan membuat Anda terlewatkan oleh notifikasi penting. Anda dapat mengaktifkan notifikasi penting saja. Misalnya pesan masuk dari Whatsapp bos atau atasan Anda.

    Dengan demikian Anda tetap bisa mengetahui jika ada notifikasi penting yang masuk. Sementara itu, Anda juga tidak akan terganggu oleh notifikasi yang tidak terlalu penting. Sehingga aktivitas Anda tidak ikut terganggu dan Anda terhindar dari kecanduan Smartphone.

    Simpulnya, terkadang Smartphone menjadi salah satu hal yang merugikan jika tidak digunakan dengan bijak. Kecanduan menggunakan ponsel cerdas merupakan hal yang merugikan, sebab ia dapat menurunkan produktivitas.

    2 comments:

    1. Betul banget..
      Sebentar-sebentar lihat ponsel,,hidup tanpa ponsel serasa hampa ๐Ÿ˜…

      Dan sekarang saya sudah mulai kencanduan untuk beli smartphone baru lagi. ๐Ÿ˜‚

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad