Header Ads

  • Breaking News

    6 Cara Aman Menghemat Baterai Ponsel Android

    Sekarang ini ponsel atau Smartphone sudah menjadi kebutuhan khusus hampir setiap orang. Dan kebanyakan dari mereka menggunakan ponsel jenis Android. Hal ini karena harga yang relatif lebih murah dan banyak fitur yang ditawarkan.

    Smartphone


    Tidak heran, jika ponsel ber-oprasi sistem Android ini memiliki kelemahan pada bagian baterai yang sangat boros. Banyaknya fitur tersebut, menjadi salah satu faktornya. Karena semakin banyak fitur, semakin banyak penggunaan daya baterai.

    Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena pada postingan ini kami akan menginformasikan cara untuk menghemat baterai ponsel Android Anda.

    1. Mematikan koneksi internet saat tidak dibutuhkan

    Koneksi internet yang terus-menerus berjalan sangat menyedot daya baterai. Maka dari itu, untuk menghematnya matikan koneksi internet saat tidak dibutuhkan. Selain berguna untuk menghemat baterai ponsel. Cara ini juga akan menghemat paket data internet Anda. Terlebih jika paket yang Anda gunakan tidak unlimited.

    2. Instal aplikasi seperlunya saja

    Ponsel Android dibekali oleh banyak aplikasi. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, tidak semua aplikasi digunakan. Ini bahaya, karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat menguras daya baterai. Apalagi jika aplikasi tersebut adalah aplikasi yang terus beroprasi saat tidak digunakan.

    Solusinya dengan meng-uninstal aplikasi-aplikasi yang tidak dipakai. Karena, selain membuat baterai menjadi boros. Terlalu banyak aplikasi juga mengganggu loading Smartphone Anda.

    3. Mematikan wifi dan bluetooth

    Wifi dan bluetooth juga menjadi faktor yang dapat membuat baterai pada ponsel Android cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya matikan fitur tersebut saat tidak digunakan. Meski tidak digunakan, jika masih dalam kondisi aktif, maka masih tetap menguras daya baterai layaknya ketika digunakan.

    4. Mengatur tingkat kecerahan layar

    Tingkat kecerahan layar Android juga sangat berpengaruh pada penggunaan baterai. Kecerahan tingkat tinggi dapat membuat baterai terkuras dan cepat habis. Disarankan untuk mengatur tingkat kecerahan ke otomatis. Dengan demikian, kecerahan layar akan secara otomatis menyesuaikan diri sesuai kebutuhan.

    5. Mematikan GPS

    Bagi sebagai pengguna Smartphone Android, fitur GPS sebenarnya tidak mereka butuhkan. Sayangnya mereka tetap mengaktifkan fitur tersebut. Ini dapat menyebabkan baterai cepat terkuras habis. Karena fitur ini akan terus menguras daya baterai ponsel.

    Untuk menghemat baterai, sebaiknya fitur GPS yang ada pada ponsel dimatikan jika memang tidak dibutuhkan. Selain itu, fitur ini juga menguras paket internet Anda. Sebab, GPS membutuhkan data internet untuk bisa berfungsi.

    6. Instal aplikasi penghemat baterai

    Cara yang terakhir adalah dengan meng-instal aplikasi penghemat baterai. Sekarang ini telah banyak aplikasi penghemat baterai untuk ponsel Android yang bisa di instal secara gratis.

    Fungsi utama dari aplikasi ini adalah menonaktifkan aplikasi lain yang tidak digunakan. Juga aplikasi berfungsi untuk meng-audit penggunaan baterai. Jadi Anda akan tahu aplikasi dan fitur apa saja yang menguras daya baterai.

    Itulah 6 cara menghemat baterai pada ponsel Android. Silahkan terapkan cara-cara yang di paparkan di atas. Umumnya, setelah melakukan penghematan dengan ke enam cara di atas bisa menghemat hingga 40% daya baterai.

    10 comments:

    1. Cara yang sangat baik agar smartphone kita awet baterainya, selain itu smartphone pun nggak mudah panas. Hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Apalagi klau buat main internet terus, mbak Nel.

        Delete
    2. Kalau saya membatasi jumlah aplikasi agar lebih hemat dan mematikan koneksi internet agar tidak cepat boros. Beda dengan ponsel jadul yang super hemat.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Soalnya hp jadul gunanya hanya untuk tlp, pak. :)

        Delete
    3. haturnuhun sudah mengingatkan dengan ke 6 cara yang paling aman supaya batere ponsel yang aku sayangi ini menjadi awet...
      ^peluk ah

      ReplyDelete
      Replies
      1. Semoga, pak.
        Peluk smartphonenya maksudnya, pak? :)

        Delete
    4. dari beberapa poin di atas telah saya terapkan sejak dini neng...walhasil batery ponsel sepertinya agak tahan ...mantap you

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul,pak, saya juga telah membuktikan. :)

        Delete
    5. 7. Beli android buat saya, ntar saya coba dan kasih tips ke-8.. hehe
      thx sob, sebenarnya windows phone juga mirip-mirip cara hemat nya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Boleh..,boleh kak, ke mana ngirimnya? Tapi bayar di tempat ya? Haha

        Sama², kurang lebih hampir sama cara hemat daya.

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad