Header Ads

  • Breaking News

    6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Blog Masih Baru

    Membuat blog baru memang sangat mudah. Namun, mengembangkan blog tersebut menjadi besar yang sulit. Buktinya, saat ini banyak sekali blog yang tidak terurus yang bertebaran di internet.




    Agar blog yang dibuat menjadi blog besar, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Dengan perencanaan yang SMART, akan membuat aktivitas blogging Anda menjadi lebih terarah.

    Namun jika Anda baru membuat blog dan bingung apa yang harus dilakukan. Anda datang ke tempat yang tepat. Karena di postingan ini, kami akan mengupas apa saja yang harus dilakukan ketika blog masih baru. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan ketika blog baru di buat.

    1. Pilih Template yang Responsif
    Ketika blog baru dibuat, langkah pertama yang harus di ambil adalah memilih template atau tema yang responsif. Saat ini telah banyak tersedia template yang gratis maupun berbayar, maka pilihlah template yang responsif, karena ini adalah salah satu ciri template yang SEO frendly.

    Selain untuk memaksimalkan posisi blog di mesin pencari di kemudian hari. Template yang responsif akan membuat pembaca merasa nyaman berkunjung ke blog Anda. Dengan demikian, mereka bisa menjadi pembaca setia Anda.

    Karena dengan template yang responsif blog akan tetap terlihat bagus saat di kunjungi dari perangkat mobile maupun desktop. Oleh sebab itu, saat Anda membuat blog, maka langkah pertama yang harus di ambil adalah dengan memilih template yang responsif.

    2. Setting Blog
    Setelah memilih template yang responsif. Langkah selanjutnya adalah mengatur blog. Lakukan pengaturan sesuai yang Anda inginkan atau kebutuhan Anda agar blog terlihat lebih bagus. Umumnya, pengaturan terdiri dari nama blog, dekripsi blog, tampilan, dan lain-lain.

    Buatlah nama blog, sesuai dengan domain atau url blog Anda. Setelah itu isi dekripsi blog sesuai dengan topik yang dibahas, slogan atau sesuai keinginan Anda. Nama dan dekripsi ini juga akan tampil di hasil penelusuran Google, oleh karena itu harus dibuat semenarik mungkin.

    Untuk pengaturan tampilan, bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Biasanya yang perlu di atur adalah jumlah postingan di halaman depan, widget yang di pasang dan beberapa pengaturan lainnya.

    Sebaiknya Anda menggunakan widget seperlunya saja. Karena jika terlalu banyak widget atau asesoris yang di pasang dapat membuat loading blog menjadi berat. Jika sudah demikian, maka blog akan lama terbuka dan bisa membuat pembaca meninggalkan blog Anda, karena lelah menunggu.

    3. Verifikasi ke Mesin Pencari
    Melakukan verifikasi blog ke mesin pencari juga harus Anda lakukan. Ini merupakan langkah awal mengenalkan blog ke mesin pencari. Sehingga dapat mempercepat proses peng-index-an blog Anda.

    Selain itu, dengan melakukan ini berarti Anda juga memaksimalkan posisi blog di hasil penelusuran. Sebab, kepemilikan atas blog Anda menjadi jelas. Dan ini adalah langkah mesin pencari dalam memberikan hasil penelusuran yang terbaik untuk penggunanya.

    4. Menerbitkan Lebih Banyak Postingan
    Karena blog masih baru maka sebaiknya Anda menerbitkan lebih banyak postingan. Postingan sendiri menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah blog. Karena, tanpa postingan apalah arti dari blog tersebut.

    Usahakan untuk menerbitkan postingan yang berkualitas dan original. Jangan melakukan copy paste artikel dari blog lain. Karena tindakan tersebut melanggar hak cipta orang lain. Terlebih, jika blog Anda digunakan untuk mencari penghasilan.

    Bagi sebuah blog, konten atau postingan adalah raja. Dengan konten yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak maka pengunjung pun akan melimpah.

    5. Share Postingan ke Sosial Media
    Saat blog masih baru mesin pencari seperti Google belum dapat memberikan posisi yang bagus di hasil penelusuran. Sebab, mesin pencari belum mengenal blog Anda dengan baik, meski telah melakukan verifikasi.

    Untuk mendapatkan pengunjung, maka bagikan postingan yang ada di blog Anda ke sosial media. Anda dapat menggunakan akun milik Anda atau membuat akun khusus. Saat melakukan ini, hindari melakukan tindakan spam.

    Biar bagaimanapun melakukan spam dapat merugikan blog Anda. Sebab, jika hal ini dilakukan dalam waktu yang lama, blog Anda bisa di tandai sebagai website spam oleh filter sosial media. Ini akan berdampak akun Anda ditangguhkan atau blog Anda tidak dapat di share ke sosial media tersebut.

    6. Blogwalking
    Blogwalking adalah sarana yang paling bagus untuk membangun hubungan dengan blogger lain. Maka saat melakukannya Anda harus menghindari tindakan spam. Karena akan berdampak buruk terhadap citra Anda maupun blog Anda.

    Saat mengunjungi blog orang lain berikanlah komentar yang relevan. Sehingga Anda akan terhindar dari melakukan tindakan spam. Dan dengan demikian Anda telah menjalin hubungan baik dengan blogger lain.

    Selain itu, ini merupakan salah satu cara untuk mencari pengunjung. Umumnya, pemilik blog yang Anda komentari akan berkunjung kembali ke blog Anda dan pengunjung lainnya juga memiliki peluang berkunjung ke blog Anda. Apalagi jika komentar Anda menarik.

    Ketika blog masih baru, sebaiknya Anda melakukan 6 hal di atas. Lakukan satu demi satu secara berskala hingga blog Anda menjadi blog yang besar. Jika blog sudah besar, Anda cukup menerbitkan artikel dan melakukan promosi seperlunya.

    14 comments:

    1. Mempunyai Blog baru itu harus bekerja lebih keras ya neng :)

      Iya aku ingat kita pernah menjalin pwrsahabatan di mwb. Asik ketemu temen2 mwb lagi hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya kak, kalau nggak pasti ujungnya jenuh ngeblog. :)

        Asyik ternyata lulusan mwb banyak yang di perguruan BS. Jabat tangan kak. :)

        Delete
      2. Okay dehhh kujabat tangan kamu dan kupeluk erat erat (tapi kita belum mukhrim ya ) ya udah jabat tangan sekencang kencangnya biar ngak terpisah jauh lagi. Wkwkwkw

        Delete
      3. Hahaha.. Meski terpisah jsuh tapi masih bisa saling menyapa itu hal sudah sangat membahagiakan. :)

        Delete
    2. Yang sering saya lakukan adalah memposting sebuah artikel dan melakukan blogwalking!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu sangat baik kak, saya juga begitu, tapi kadang telat karena leletnya sinyal :)

        Delete
    3. Berbagi di sosial media dan blogwalking adalah cara terampuh untuk meningkatkan traffik pengunjung

      ReplyDelete
    4. Widget yang aku gunakan standar, soalnya kalo keramaian ga cocok di aku yang emang anaknya visual, hehe,


      Klo blogwalking aku udah menjadikan kewajiban sik, minimal buat diri sendiri, seenggaknya ada yang nyangkut gitu pas kita ngider baca2 blog lain

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kok hampil sama dengan saya kak, saya juga anak simple. :)

        Dengan blogwalking selain dapat wawasan baru juga bisa mengenal blogger lain. :)

        Delete
    5. poin yang terakhir itu yang paling saya suka, soalnya dengan blogwalking jadi bisa mengenal banyak blogger lainnya maupun menambah lebih banyak wawasan tentunya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ini dia kak, selain itu nambah semangat :)

        Delete
    6. Tambah 1 lg Mbak Wulan....blog masih baru jangan terobsesi dengan statistik blog....hehehe...(pengalaman pribadi)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Terima kasih tambahannya, pak John. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad