Header Ads

  • Breaking News

    7 Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung

    Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Organ tubuh ini memiliki ukuran sekepalan tangan manusia. Fungsi dari jantung adalah memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen keseluruh bagian tubuh.

    Karena fungsinya yang sangat penting bagi hidup manusia, maka kesehatannya harus dijaga dengan baik. Maka dari itu, Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan manusia mengalami masalah pada jantungnya.



    Oleh karena itu, kami akan mencoba menginformasikan apa saja yang bisa membuat Anda lebih beresiko mengidap penyakit jantung. Berikut adalah ulasan singkat tentang faktor penyebab tersebut.

    1. Aktivitas Merokok
    Karbon monoksida yang terdapat di dalam asap rokok serta kandungan nikotin bisa meningkatkan munculnya gumpalan darah. Hal ini akan membuat jantung dipaksa berkerja lebih cepat, sehingga akan membuatnya lebih terbebani.

    Selain itu, masih banyak senyawa kimia lainnya yang dapat merusak jantung. Sehingga para perokok mempunyai resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dari pada yang tidak merokok.

    2. Kebiasaan Hidup yang Kurang Baik
    Pola hidup yang buruk juga dapat meningkatkan manusia mengalami masalah pada jantungnya. Oleh karena itu, disarankan untuk membangun kebiasaan hidup yang baik.

    Pola hidup yang buruk seperti, terlalu sering makan makanan berlemak, jarang olahraga dan jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan harus bisa dihindari untuk mengurangi resiko mengidap penyakit jantung.

    3. Tingginya Kadar Kolestrol
    Ada dua jenis kolestrol yang perlu Anda ketahui, yaitu kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). LDL sangat mudah menggumpal serta menempel di dinding pembulu darah. Hal ini membuat kadar kolestrol yang tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis.

    Kadar kolestrol jahat yang normal adalah di bawah 100mg/dL. Jadi jika sudah di atas itu, telah masuk katagori LDL yang tinggi.

    4. Penyakit Diabetes
    Salah satu akibat yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes adalah penebalan pada diding pembulu darah. Tentu saja ini bisa menghambat aliran darah.

    Jika aliran darah terhambat, ini akan membuat jantung bekerja lebih keras. Oleh karena itu, penderita penyakit diabetes mempunyai resiko yang tinggi terkena penyakit jantung.

    5. Riwayat Kesehatan Keluarga
    Orang yang memiliki keluarga yang salah satu anggotanya (bisa ayah, ibu, kakak, adik) mengidap penyakit jantung juga mempunyai resiko terkena yang cukup tinggi.

    6. Obesitas
    Orang yang memiliki kelebihan berat badan juga berpotensi terkena tekanan darah tinggi. Umumnya mereka juga mempunyai kadar kolestrol yang cukup tinggi.

    Oleh karena itu, orang dengan berat badan yang berlebihan cenderung lebih beresiko mengidap penyakit jantung. Bukan hanya itu, kelebihan berat tubuh juga memicu jantung untuk berkerja keras dibandingkan dengan berat badan yang normal.

    7. Hipertensi
    Orang yang memiliki tekanan darah di atas 140/199 mmHg bisa dikatakan memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekan darah yang tinggi ini akan membuat jantung serta pembulu darah terbebani. Sehingga beresiko terkena penyakit jantung.

    Umumnya, orang yang mengidap hipertensi adalah orang yang sering makan makanan dengan kadar garam yang tinggi.

    Itulah 7 faktor yang menyebabkan orang lebih berpotensi mengidap atau terkena penyakit jantung. Selain ketujuh faktor di atas, masih ada faktor lainnya seperti usia.

    Untuk mencegah agar memiliki potensi yang lebih rendah. Sebaiknya Anda membangun kebiasaan hidup sehat serta mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Sebab, mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati.

    6 comments:

    1. begadang juga bisa bikin jantung lemah loh mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, kak, kalau begadangnya setiap malam, hehe

        Delete
    2. Alhamdulillah, saya mah gak merokok.. obesitas juga nggak, koesterol aman... lain-lainnya mungkin kebiasaan hidup yang kurang baik musti di perbaiki, seperti sering begadang dan kerja terlalu keras, itu saja sih kelemahan saya.

      ReplyDelete
    3. blogger seperti kita ini juga mempunyai resiko yang lebih besar dari orang sehat. apalagi harus duduk selama beberapa jam ditambah kalau perokok, haduh....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul, pak, meski kesehatan harus di jaga :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad