Header Ads

  • Breaking News

    8 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda

    Memiliki kemampuan menulis yang baik sangat dibutuhkan bagi seorang blogger. Karena pada hakekatnya, blogger adalah seorang penulis. Untuk menjadi blogger yang hebat, Anda harus mempunyai kemampuan menulis yang mumpuni.



    Menjadi seorang penulis yang mumpuni bukan sesuatu yang mudah. Namun bukan berarti hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja. Sebab, semua orang bisa menjadi penulis yang berbakat termasuk diri Anda.

    Jika Anda merasa belum memiliki kemampuan menulis, jangan khawatir. Sebab, ada cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang ahli di bidang kepenulisan. Berikut adalah 8 cara untuk meningkatkan menulis yang bisa Anda coba.

    1. Menulis Lebih Banyak
    Seperti yang kita tahu, menulis adalah sebuah keterampilan bukan bakat. Jadi semakin sering menulis, maka kita akan semakin ahli. Oleh karena itu, lakukan aktivitas menulis sesering mungkin agar keterampilan Anda akan semakin terasa dengan baik.

    Jika memungkinkan, buatlah jadwal untuk melakukannya. Karena dengan mempunyai jadwal khusus, Anda bisa menulis dengan lebih teratur. Dan yang terpenting, Anda harus disiplin terhadap jadwal yang dibuat.

    2. Latihan Menulis dengan Memperhatikan EYD
    Cobalah belajar untuk mulai menggunakan kata-kata baku dalam setiap tulisan Anda. Penggunaan kata baku akan membuat karya tulis Anda lebih mudah di baca dan dipahami makna yang di sampaikan.

    Anda dapat membeli kamus bahasa Indonesia untuk memulainnya. Atau Anda juga bisa melihat kata baku di KBBI Daring. Sayangnya, situs ini sering mengalami gangguan sehingga sulit di akses. Namun bukan halangan untuk mencari kata baku di situs KBBI Daring.

    3. Lakukan Pengeditan Setiap Selesai Menulis
    Hasil dari karya tulis yang bagus umumnya tidak langsung jadi. Setiap selesai menulis, Anda harus mengeditnya terlebih dahulu sebelum di terbitkan di blog. Ini bertujuan untuk memperbaiki alur, membetulkan kata yang salah ketik dan lain-lain.

    Saat pengeditan, Anda juga bisa memperkuat argumen dan mempertegas fakta-fakta. Dengan demikian, hasil tulisan Anda akan lebih berkualitas. Karena, tulisan tersebut memiliki alur yang baik, minim salah ketik, argumen yang dimasukan lebih kuat dan penyampaian fakta yang lebih jelas.

    4. Meminta Saran dan Kritikan Dari Orang Lain
    Karena karya Anda bukan hanya dibaca sendiri. Maka tidak ada salahnya Anda meminta saran kepada orang lain (bisa pembaca blog atau teman dekat). Saran tersebut sangat berguna untuk memperbaiki cara menulis Anda selanjutnya.

    Sehingga tulisan Anda akan semakin lebih baik dari waktu ke waktu. Karena Anda terus berbenah dari saran-saran yang diberikan. Oleh sebab itu, jika telah mendapat masukan, Anda harus cepat-cepat memperbaikinya.

    5. Menjadi Pembaca yang Baik
    Seorang penulis yang baik juga merupakan pembaca yang baik. Semakin banyak membaca, Anda akan memiliki lebih banyak variasi kata baru. Selain itu Anda juga bisa belajar gaya penulisan yang baik dari tulisan orang lain yang banyak disukai orang.

    Jadi, jika Anda ingin menjadi penulis yang baik. Anda juga harus menjadi pembaca yang baik. Sebab, menulis dan membaca adalah dua hal yang berikatan satu dengan yang lainnya.

    6. Mencari Waktu yang Tepat untuk Menulis
    Menulis adalah kegiatan menuangkan ide-ide yang ada di otak. Sehingga memerlukan waktu yang tepat untuk menuliskan ide tersebut, terlebih jika Anda adalah seorang pemula. Jika Anda tidak menulis di waktu yang baik, Anda akan mengalami writer's block.

    Memilih waktu yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan Anda dalam menyelesaikan tulisan. Umumnya, waktu yang paling tepat untuk menulis adalah di pagi hari. Selain suasana yang relatif sunyi, pikiran pun masih dalam kondisi yang segar. Ini akan membuat kata-kata mengalir lebih deras dari otak ke jari-jari.

    7. Bergabung di Grup atau Forum Penulis
    Setiap penulis pasti memiliki beberapa masalah yang dihadapi dalam dunia kepenulisannya. Apa lagi jika Anda seorang pemula, pasti mempunyai lebih banyak persoalan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa bergabung ke grup atau forum yang berhubungan dengan dunia tulis menulis.

    Di tempat tersebut banyak sekali orang-orang yang mempunyai keahlian menulis. Jika Anda mengalami kesulitan menulis, Anda bisa bertanya di grup yang membahas hal tersebut. Disana Anda akan mendapatkan jawaban dari para anggota, yang tentunya telah memiliki banyak pengalaman.

    8. Kembangkan Gaya Bahasa
    Setiap penulis memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda dalam hal menulis. Anda sendiri tentu mempunyai gaya bahasa sendiri dalam menyampaikan gagasan ke dalam sebuah karya tulis. Seiring berjalannya waktu, Anda harus bisa mengembangkan gaya menulis agar lebih menarik.

    Pasalnya, saat awal-awal menulis, kita sering kali menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk lebih menyederhanakan gaya bahasa yang digunakan. Sebab, tulisan sederhana adalah tulisan terbaik, karena akan lebih mudah dipahami oleh para pembaca.

    Memiliki keahlian menulis yang mumpuni bukan hal yang mudah. Maka tidak heran jika banyak orang yang mengatakan, mempunyai kemampuan menulis adalah sebuah bakat. Padahal menulis merupakan keterampilan, sehingga harus terus di asah.

    Maka dari itu, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan menulis. Anda bisa mengikuti cara-cara di atas, hingga Anda berhasil menjadi seorang penulis yang hebat. Juga jangan ragu untuk mengembangkannya

    4 comments:

    1. Biasanya kalau saya pribadi menunggu mood yang enak baru keluar ide menulis, tapi kalau tidak keluar juga terpaksa deh didobrak dengan segelas kopi ☕ 😂

      ReplyDelete
    2. Segelas kopi memang jos, pak :)

      ReplyDelete
    3. Bergabung di grup atau forum penulis memang sangat membantu untuk meningkatkan kreatifitas menulis. Apalagi saat menulis ditemani secangkir kopi hitam. Haha

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ditemani kopi hitam tentu ide mengalir seperti aroma kopi. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad