Header Ads

  • Breaking News

    Tips Aman untuk Memilih Aplikasi Android dengan Benar

    Mempunyai Smartphone Android memang menyenangkan. Sebab, kita bisa menambah fungsi baru dengan meng-instal aplikasi yang diperlukan. Dengan bantuan perangkat lunak tersebut, Smartphone kita telah bertambah fungsi.



    Sayangnya, jika terlalu banyak aplikasi yang ter-instal di ponsel cerdas bisa mengurangi performa-nya. Untuk itu, sebelum meng-instal aplikasi baru sebaiknya Anda melakukan 4 tips di bawah ini.

    1. Memilih Aplikasi yang Dibutuhkan
    Jika Anda hendak meng-instal aplikasi baru di perangkat Android Anda. Sebaiknya instal saja aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Sebab, jika banyak aplikasi yang terpasang di Smartphone Android, akan menurunkan performa-nya.

    Selain itu, terlalu banyak aplikasi juga dapat membuat baterai cepat habis. Apa lagi jika perangkat lunak tersebut, membutuhkan koneksi internet untuk berjalan. Bukan hanya menguras daya baterai, tapi juga menyebabkan kuota internet cepat habis.

    Jadi, tidak ada salahnya jika Anda meng-instal aplikasi yang dibutuhkan saja. Misalnya, aplikasi sosial media, jika Anda aktif di dunia sosial media. Anda juga dapat meng-instal game-game kesayangan Anda.

    2. Download Aplikasi dari Google Play Store atau Situs Resminya
    Selain memasang aplikasi-aplikasi yang dipakai saja. Sebaiknya Anda juga mengunduh perangkat lunak tersebut dari Google Play Store atau dari website resmi aplikasi tersebut.

    Hal ini bertujuan untuk menghindari aplikasi yang mengandung malware atau virus. Karena jika Smartphone Anda telah terkena penyakit ini, dapat membuat kinerjanya menurun. Juga bukan tidak mungkin, aplikasi tersebut mampu mencuri data-data penting seperti akun email dan lain-lain.

    Dengan meng-instal aplikasi dari situs resmi atau Google Play Store. Maka, aplikasi yang di instal terhindar dari modifikasi yang tidak resmi, yang berkemungkinan menanamkan malware di perangkat lunak tersebut.

    3. Temukan Aplikasi yang Memiliki Riview yang Positif dari Pengguna dan Rate yang Bagus
    Aplikasi yang bagus biasanya mempunyai riview positif yang cukup banyak dari pengguna. Selain itu, ulasan tentang aplikasi tersebut juga jelas dan ada tanggal update terbaru.

    Juga sebaiknya Anda memilih aplikasi yang memiliki ranting bintang 4 ke atas. Sebab pada umumnya, semakin besar ranting maka semakin berkualitas perangkat lunak tersebut.

    Misalnya Anda membutuhkan aplikasi dengan fungsi tertentu. Maka disarankan untuk, mengumpulkan beberapa aplikasi yang memiliki fungsi yang sama. Setelah daftar aplikasi dibuat, pilih aplikasi yang mempunyai banyak riview positif dan ranting yang tinggi.

    4. Sesuaikan Aplikasi dengan Versi Android yang Dipakai
    Bukan hanya memilih aplikasi yang paling bagus. Tapi Anda juga harus menyesuaikan perangkat lunak yang akan di instal dengan versi dari Smartphone Android Anda.

    Pasalnya, beberapa perangkat lunak dengan kualitas terbaik hanya dapat berjalan normal di versi tertentu ke atas. Jadi, tidak ada jeleknya jika Anda mencari tahu apakah aplikasi tersebut mendukung untuk di instal di versi Android Anda sekarang.

    Dengan demikian, Anda tidak akan terkecoh oleh aplikasi dengan kualitas yang bagus. Namun, tidak bisa berjalan normal di versi yang Anda pakai sekarang. Apa lagi jika Anda masih menggunakan Android versi lawas.

    Memilih aplikasi yang tepat untuk di instal sebenarnya mudah. Selama Anda tahu apa yang harus dilakukan sebelum memutuskan meng-instal sebuah aplikasi. Oleh karena itu, sebelum memasang perangkat lunak baru di Smartphone Android, sebaiknya Anda mengikuti tips-tips di atas.

    4 comments:

    1. Poin ke 4 itu bnar sekali, ada tuh orang pakai android pengen keren juga chat atau sosmed sekalinya spesifikasinya rendah, tetap dipaksa,,
      pas kita bilangin yg benar dia malah marah marah, aneh juga..
      dia bilang lagi, smartphone aku bisa kok install itu, buktinya di iklan ada..
      aduuuh, super stres ktemo orang begini..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dihadapi dengansabar saja, pak, atau bahkan dibiarkan. :)

        Delete
    2. Kalau saya sih lebih ke peringatan, jika pas mau di install ada peringatan berbahaya ya ngga bakal jadi aku install,

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad