Header Ads

  • Breaking News

    2 Bahaya yang Muncul Jika Menggunakan Wifi Umum Gratis

    Sekarang ini telah banyak fasilitas umum yang menambahkan layanan wifi gratis. Layanan ini memungkinkan kita bisa berselancar di internet dengan tanpa biaya.

    Umumnya, fasilitas wifi gratis ini berada di wilayah perkantoran, tempat istirahat (cafe, rumah makan dan lain-lain) serta tempat umum lainnya. Wifi gratis menjadi daya tarik tersendiri untuk orang memakainya.

    Sehingga kita bisa lebih menghemat kuota internet yang kita miliki. Jika menggunakan layanan wifi gratis tersebut.



    Layanan ini tentu sangat membantu banyak orang disekitar area jaringan. Karena bisa mengakses internet tanpa menguras kuota internet.

    Meski demikian, penggunaan wifi gratis tentu bukan tanpa resiko. Ada banyak ancaman yang mengintai pemakainya pada saat memakai jaringan wifi gratis untuk membuka internet banking dan lain-lain.

    Sehingga, jika Anda hendak menggunakan layanan wifi gratis ini harus berhati-hati. Juga pastikan jaringan wifi yang dipakai aman untuk mengakses internet.

    Jika kurang hati-hati serta memilih jaringan secara asal. Bisa jadi Anda memakai layanan yang tidak aman, atau sengaja di sediakan untuk tujuan tertentu yang tidak benar.

    Setidaknya ada 2 ancaman yang muncul pada waktu menggunakan wifi umum gratis. Kedua hal tersebut merupakan resiko yang perlu untuk diwaspadai. Sebab bisa berdampak bahaya untuk diri sendiri maupun perangkat milik Anda.

    1. Rentan Terinveksi Virus Chameleon
    Chameleon adalah salah satu jenis virus yang cukup berbahaya bagi perangkat yang terkena. Bisa itu perangkat komputer, laptop, tablet atau pun Smartphone dengan operasi sistem terbuka.

    Perlu di catat. Apapun jenis dan nama virus akan tetap memiliki efek buruk pada perangkat yang terkena. Tidak terkecuali virus ini.

    Virus Chameleon dapat menyebar dengan cepat dari perangkat satu ke perangkat lainnya melalui jaringan wifi. Jadi, jika ada orang yang berniat kurang baik bisa saja ia menyebarkan virus ini menggunakan layanan wifi gratis untuk tujuan tertentu.

    Virus ini dipercaya mampu mengumpulkan beragam informasi yang ada di dalam perangkat yang terinveksi. Bahkan data-data penting seperti username dan password sekalipun.

    2. Data Informasi yang Rentan Dicuri Hacker
    Pada saat menggunakan jaringan wifi. Maka, semua data yang kita masukan akan melewati Router wifi dan bisa tersimpan di Router tersebut.

    Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan jaringan wifi gratis ketika akan memasukan data-data penting seperti internet banking dan lain-lain.

    Hal ini jika dilakukan bisa sangat berbahaya. Karena data yang Anda masukan (sandi dan nama pengguna) bisa diketahui oleh hacker dengan mudah.

    Mereka (hacker) juga bisa menggunakan data-data yang Anda masukan tadi untuk kepentingan pribadinya. Ini tentu akan merugikan diri Anda, misalnya saja jika ia mentransfer sejumlah uang yang ada di dalam rekening Anda.

    Mereka dapat mengambil data tersebut karena pada dasarnya yang terhubung ke server adalah Router wifi. Sedangkan kita hanya mengambil data-data yang ada di Router tersebut.

    Sehingga kita tidak dikenakan oleh biaya internet. Sebab, kita meminjam data untuk internet dari jaringan wifi yang dipakai.

    Jadi sangat wajar jika data-data yang kita masukan pada waktu menggunakan jaringan wifi tersebut bisa diketahui oleh orang lain (orang yang memiliki kontrol terhadap Router wifi). Sebab, data yang dimasukan melewati Router tersebut.

    Itulah 2 bahaya besar yang muncul ketika memakai jaringan wifi gratis di fasilitas umum. Jadi gunakanlah layanan tersebut secara bijak.

    Sebab, jika digunakan secara sembarangan dapat menimbulkan bahaya secara langsung maupun tidak langsung bagi diri Anda. Jangan terkecoh oleh kata gratis.

    Sederhananya gunakan jaringan wifi gratis ini untuk aktivitas browsing yang tidak memasukan data penting. Juga sebaiknya pilih jaringan wifi yang terpercaya, seperti wifi yang disediakan oleh kantor tempat Anda bekerja.

    12 comments:

    1. Wah bahaya juga rupanya pakai wifi gratis..

      Untungnya kuota hp belinya kiloan, jadi aman tidak numpang ditempat orang he..he πŸ˜‚

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hehe, kalau beli kouta kilosn nggak habis bisa di kirim ke saya, pak :)

        Delete
    2. waduh, harus banyak berdoa ni kalau pakai wifi gratis -_-

      ReplyDelete
    3. Wah saya jarang pakai wifi gratis, soalnya itu poin ke dua yg bikin saya khawatir..
      Data di curi hacker, tapi saya berfikir juga.., emang data apa yg ada di laptop, and android saya,,ga ada data penting,,
      CUman foto saya aja lg jadi model,, mungkin itu yg bisa di curi ya,, kwatir foto tamvan saya di edit mereka,, hehehee

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau foto di curi terus di edit dan dijadikan model itu bagus, pak, cepat viral :)

        Delete
    4. Saya biasa menggunakan layanan wi-fi gratis yg ada di warung kopi. Dan ternyata menggunakan layanan wi-fi gratis itu rentan terhadap penculikan data diri yg tersimpan dalam smartphone ya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tapi sepertinya warung kopi biasa tak ada maksud buruk, tapi perlu waspada saja, jangan di buat buka aplikasi yang sifatnya terkait dengan duet. :)

        Delete
    5. untungnya nggak pernah pake wifi umum dan gratis, walaupun berada di tempat wifi umum dan gratis saya mah tetap pake wifi pribadi yang selalu tak bawa kemanapun pergi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Percaya sama bapak yang satu ini :)

        Delete
    6. heem., ternyata ini (wifi gratis) juga salah satu pemicu penyebab orang jadi kebobolan data2 pribadi ya mbak., aku sering sih pakai wifi gratis tapi cuma sekedar buat browsing aja.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau buat browsing nggak masalah kok, pak. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad