Header Ads

  • Breaking News

    7 Manfaat dari Minyak Zaitun

    Minyak zaitun yang dikenal sebagai minyak yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, selain itu minyak zaitun juga sangat cocok untuk bumbu masakan yang menyehatkan. Kebanyakan dari masyarakat pada umumnya menggunankan minyak zaitun sebagai pencampur salad, dan salah satu bahan untuk membuat kue.

    Selain itu, minyak zaitun yang mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi ini mampu mencegah kolestetol yang lebih rendah dan memiliki manfaat tambahan seperti meningkatkan pembekuan darah dan mengatur insulin. Namun, masih banyak yang belum mengerti akan manfaat minyak zaitun tersebut.

    Sebuah penelitian juga menemukan manfaat lain dari minyak zaitun ini di antaranya.



    1. Anti inflamasi
    Di dalam minyak zaitun terdapat antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Selain itu minyak zaitun berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

    2. Mengontrol tekanan darah
    Menambahkan minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 3 bulan, dan berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang kena tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat atau menghilangkannya sama sekali. Namun, dengan catatan jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

    3. Mencegah kolesterol
    Minyak zaitun termasuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol, kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

    4. Mencegah kanker
    Sebuah penelitian menemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan penurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

    5. Sebagai perawatan kulit
    Kulit bisa mendapatkan kering dan bersisik di musim dingin, dengan menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan, sehingga kulit segar kembali. Selain itu Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner bibir, untuk melembabkan dan melembutkan kutikula di sekitar kuku Anda, dan bahkan dapat dioleskan ke pantat bayi untuk membantu meringankan ruam popok.

    6. Menambah kelembaban kue
    Minyak zaitun yang mengandung vitamin E dan kelembaban padat, minyak zaitun tidak hanya membuat kue, cupcakes dan muffin yang kaya vitamin dan lembab, juga membuat kue dapat bertahan lama karena membuat mengering terlalu cepat. Minyak zaitun juga akan menambah nutrisi ekstra untuk kue, dan dapat digunakan sebagai pengganti mentega untuk membuat kue agar lebih rendah kalori.

    7. Sebagai cat perabotan dari kayu
    Selain, 6 manfaat di atas dari minyak zaitun, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk memoles perabotan dapur dari kayu, agar terhindar dari jamur dan kerusakan dini. Sehingga perabotan dapur akan tetap terlihat bersih dan nyaman digunakan.

    Demikianlah ulasan singkat manfaat dari minyak zaitun. Ini hanya beberapa di antaranya, minyak zaitun masih banyak lagi manfaatnya yang terdapat di dalamnya. Oleh sebab itu sangat direkomedasikan untuk Anda selalu mengkonsumsi minyak zaitun untuk menjaga kesehatan tubuh, dan menyimpan minyak zaitun untuk keperluan lainnya.

    6 comments:

    1. itu bisa di minum langsung atau dicampur makanan ya mbak ? :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk di campur makanan, kak. Untuk pengobatan penyakit bisa di minum tapi harus ada arahan dari Dokter. :)

        Delete
    2. Minyak zaitun biasanya aku gunakan untuk perawatan kulit, aku tinggal di daerah dingin dan sering di ruang ber ac jadi kulit cenderung kering dan bersisik

      ReplyDelete
    3. minyak zaitun memang banyak manfaatnya. lebih sering buat tambahan makanan sih. makan terus aja pikirannya hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Justru makan yang dipikirkan ingat terus minyak zaitun. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad