Header Ads

  • Breaking News

    Menjalankan Bisnis dengan Teknik Manajemen Waktu

    Menjalankan bisnis dapat dikatakan sulit, juga dapat dikatakan gampang, jika Anda dapat mengatur waktu dengan baik. Meskipun Anda bekerja pada tugas-tugas normal yang mengambil sebagian besar hari dan waktu Anda, memiliki waktu terbatas untuk menangani apa yang kebanyakan orang lakukan secara waktu yang penuh mungkin Anda tidak dapat melakukannya.

    Namun sementara Anda mungkin berpikir bahwa Anda sedang sibuk dengan masing-masing pekerjaan di setip hari. Mengapa Anda tidak dapat melakukan? Karena Anda banyak membuang-buang waktu yang bisa membuat pekerja Anda lebih produktif. Sebuah survei, menemukan bahwa lebih dari 60 persen karyawan mengaku membuang waktu setidaknya satu jam setiap hari, dan itu hanya jumlah waktu yang mereka ketahui. Bahkan seorang pekerja yang berdedikasi bisa membuang-buang waktu dengan cara-cara yang tidak akan pernah terpikirkan.




    Berikut adalah beberapa tips untuk bagaimana Anda dapat menghabiskan waktu Anda lebih efektif dan memastikan bahwa setiap detik digunakan untuk membangun bisnis sampingan yang Anda jalankan. Jangan pernah lupa bahwa waktu adalah uang.

    1. Terlalu sedikit lebih baik daripada terlalu banyak
    Anda harus tahu bahwa pentingnya untuk membuat rincian jadwal kerja, bagaimana Anda merencanakan untuk menghabiskan hari dan waktu Anda. Namun, sebagian orang menjadwal pekerjaan mereka dengan menyatakan bahwa mereka akan fokus pada satu tugas tertentu selama satu jam, kemudian segera melakukan ke tugas lain selama satu jam dan seterusnya.

    Ini adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan. Masalahnya adalah bahwa jika Anda akhirnya akan mendapat tugas pertama lebih dari waktu yang sudah ditentukan, maka Anda akan memiliki lebih sedikit waktu dengan jadwal tugas kedua. Hal ini Anda akan tertekan untuk menyelesaikan tugas pertama dengan cepat dan bergegas ke tugas kedua ketika Anda memiliki waktu yang terbatas.

    Sebaiknya, Andan menempatkan periode “white noise” di antara tugas-tugas Anda. Zona penyangga ini akan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal Anda dan jangka waktu untuk menangani tugas-tugas yang kurang penting.

    2. Abaikan e-mail dan telepon
    Salah satu tugas kurang penting adalah penanganan e-mail dan menjawab panggilan telepon. Seberapa sering Anda berada dalam alur kerja, dengan menghabiskan waktu harus menerima panggilan telepon yang Anda harus menangani selama 15 menit? Gangguan seperti ini berakhir berhenti kerja dan membuat lebih sulit untuk kembali bekerja.

    Kecuali Anda mendapatkan panggilan telepon yang benar-benar kritis, harus menjawab ketika Anda bekerja. Selama periode “white noise” Anda dapat mengambil waktu untuk menerima panggilan atau menjawab e-mail yang penting. Tapi jangan biarkan telepon dan e-mail Anda mendikte kapan dan bagaimana Anda bekerja. Ingat bahwa orang sukses bahkan tidak menggunakan e-mail sama sekali pada waktu kerja.

    3. Jangan multi-task
    Anda mungkin manusia super jenius yang dapat menangani lima tugas pada saat yang sama dan melakukan semuanya secara efisien. Bahkan, multitasking dapat mempengaruhi IQ saat Anda merasa seperti telah mencapai jauh dengan sekelompok tugas-tugas kecil meskipun Anda telah melakukannya.

    Jadi fokus pada satu hal di satu waktu, dan jangan berhenti sampai pekerjaan itu selesai. Ketika tugas selesai, kemudian pindah ke tugas berikutnya. Jika Anda hanya memiliki waktu selama beberapa tugas utama saat Anda menangani tugas-tugas lain, yang akan lebih baik dari menyelesaikan banyak tugas yang tidak penting.

    4. Ada sesuatu yang lebih baik daripada tidak
    Kadang-kadang Anda hanya benar-benar sibuk dengan tugas-tugas lain dan hanya setengah jam dari waktu luang. Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada gunanya bekerja pada bisnis sampingan Anda dengan begitu sedikit waktu.

    Tetapi banyak stroke, meskipun dengan kapak kecil, bisa jatuh bahkan oak yang paling sulit. Ini adalah salah satu kunci untuk menghasilkan sisa pendapatan di periode waktu kecil menambahkan hingga beberapa bulan dan tahun. Pada dasarnya, Anda bisa mengurus tugas relatif tidak penting selama saat-saat untuk memastikan bahwa Anda dapat menangani tugas-tugas yang lebih besar ketika Anda punya waktu. Anda tidak pernah berpikir bahwa saat waktu begitu kecil Anda tidak dapat melakukan sesuatu untuk membantu bisnis sampingan Anda.

    Oleh sebab itu lakukan manajemen waktu sebaik mungkin, supaya waktu Anda terbagi dengan baik, tugas terselesaikan, dan bisnis pun berjalan. Jika Anda belum melakukan manajemen waktu, silahkan ikuti cara-cara yang di paparkan di atas, lakukan satu atau dua di antara empat poin. Namun, direkomendasikan ke empat poin tersebut Anda dapat melakukanya, sehingga Anda benar-benar bisa membagi waktu sebaik mungkin.

    4 comments:

    1. Mengelola waktu memang sangat penting, sebab jika tidak dikelola maka kita ajan tertinggal bukan hanya selangkah, melainkan ribuan langkah yang terbuang sia-sia 😪

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dengan waktu yang diatur sedemikian rupa maka tak ada waktu yang terbusng sia2 :)

        Delete
    2. waktu....didunia ini semuanya berpacu dengan waktu siapa yg akan menang dan siapa yg mampu mengendalikan waktu, jika tidak kitalah yg akan tergilas oleh waktu...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Benar, sebab itu kita mesti pandai-pandai mengatur waktu. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad