Header Ads

  • Breaking News

    Manfaat Ubi Cilembu

    Ketela rambat merupakan jenis umbi-umbian yang mudah ditanam. Salah satu ketela rambat atau ubi yang paling terkenal merupakan ubi Cilembu. Warna ubi ini kuning keemasan dan rasanya yang khas jika dibakar.

    Banyak para wisatawan yang gemar memilih ubi ini sebagai oleh-oleh dari hasil berwisata, karena ubi ini biasanya hanya berada pada tempat-tempat rekreasi seperti di daerah Bogor, Sukabumi, Sumedang, Garut dan lain sebagainya.

    Ubi ini hanya bisa tumbuh pada tempat yang memiliki suhu udara antara 21°-27° Celcius. Dan tempat-tempat seperti ini sudah bisa dipastikan di daerah kaki pegunungan. Ubi cilembu biasa juga disebut ubi madu, karena dari warnanya yang mirip dengan warna madu.

    Rasanya manis dengan sensasi madu di dalamnya. Nikmat disantap hangat-hangat bersama teman teh atau kopi. Manfaat Ubi cilembu sangat beragam untuk kesehatan. Kaya akan serat dan vitamin A, ubi ini mempunyai mineral khusus yaitu zat besi, folat, mangan, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D dan vitamin E yang baik untuk kulit. Walau dengan kandungan karbohidrat, namun tetap menjadi makanan baik untuk diet.

    Manfaat Ubi Cilembu



    1. Mengontrol gula darah

    Kadar gula yang ada dalam darah akan bertambah dengan bertambahnya jumlahnya ketika mengkonsumsi karbohidrat. Mereka dengan masalah pada peningkatan gula dalam tubuh disarankan mengkonsumsi ubi yang dikukus dan tidak diberi tambahan saus atau gula.

    2. Mencegah kanker

    Warna ubi Cilembu yaitu orange kemerahan. Ubi ini juga kaya akan betakaroten dan vitamin A. Umbi yang satu ini dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut. Fakta yang didapat dengan 124 ribu orang di Universitas Harvard, dengan 32 persen dapat terkena kanker paru-paru yang berkurang dengan rutin memakan ubi ini.

    3. Meredakan stres

    Manfaat Ubi Cilembu ternyata dapat juga meredam stres. Dinikmati saat sore hari sambil bersantai dan dengan kandungan mineral potasium yang dapat menurunkan stres. Selain itu, pemandangan sore juga membuat hati lebih tentram dan meredakan ketegangan otot di tubuh.

    4. Mencegah serangan jantung

    Ubi ini banyak mengandung vitamin B6, tubuh dapat dinetralisir dari zat kimia, homocysteine yang menyebabkan jantung. Dengan potassium mampu untuk menormalkan tekanan darah hingga tidak naik turun secara drastis.

    5. Menambah Daya Tahan Tubuh Vitamin A di dalam ubi ini dapat menambah daya tahan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan baik. Retinol dapat digunakan untuk produk-produk kosmetik yang baik untuk perawatan kulit, yang ternyata terkandung juga di dalam ubi ini. Betakarotennya berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga terjauh dari kerutan dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penuaan dini. Vitamin C nya dapat menambah kolagen mampu membuat kulit lembut. Manfaat Ubi cilembu ini sangat beragam. Ternyata memang ubi yang satu ini tak boleh dipandang sebelah mata ya.

    Banyak juga makanan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar ubi ini. Karena ubi ini mudah didapat dan murah harganya. Berikut ini salah satu jenis makanan yang bisa dibuat dengan menggunakan ubi ini.

    # Keripik Ubi

    Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat keripik ubi jalar adalah sebagai berikut:

    1. Ubi jalar.
    2. Larutan kapur sirih.
    3. Larutan natrium bisulfit 500 ppm.
    4. Minyak goreng.

    Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat keripik ubi jalar adalah sebagai berikut:

    1. Pengiris umbi
    2. Pisau dan talenan
    3. Kuali
    4. Baskom atau ember
    5. Keranjang peniris

    Cara pembuatan Keripik Ubi Jalar



    Pengupasan dan pengirisan

    Umbi dicuci, kemudian dikupas. Umbi yang telah dikupas, tapi tidak langsung diproses lebih lanjut melainkan harus direndam di dalam air terlebih dahulu agar mudah diiris. Setelah itu barulah ubi diiris tipis-tipis.

    Perendaman

    Rendam ubi dalam larutan natrium bisulfit dan kapur. Irisan ubi direndam di dalam larutan natrium bisulfit 500 ppm selama 60 menit. Kemudian irisan umbi diangkat, dan direndamkan ke larutan kapur sirih 2% selama 30 menit. Setelah itu, irisan umbi ditiriskan.

    Pemasakan awal

    Air dipanaskan sampai suhu 90°C. Lalu masukkan garam (10 gram garam untuk 1 liter air). Kemudian iris ubi yang telah ditiriskan dimasukkan ke dalam air tersebut, dan diaduk pelan-pelan. Tidak lama kemudian (1-2 menit), irisan ubi segera diangkat dan ditiriskan.

    Pengeringan

    Irisan ubi dijemur, atau dikeringkan dengan alat pengering sampai cukup kering dengan tanda mudahnya ubi patah jika diremas.

    Penggorengan

    Irisan umbi digoreng di dalam minyak panas (170°C) sampai garing.

    Pemberian Gula

    Untuk mendapatkan keripik manis, lakukan penggorengan ulang, Kedalam minyak agak panas (suhu 110°C). Kemudian masukkan gula halus (50 gram gula untuk setiap 1 liter minyak), dan diaduk agar gula mencair. Setelah itu, keripik yang telah garing dimasukkan ke dalam minyak, diaduk dengan pelan, dan segera diangkat untuk ditiriskan dan didinginkan.

    Pengemasan

    Keripik matang harus disimpan pada wadah tertutup. Keripik dapat dikemas di dalam kantong plastik, atau Toples. Kemasan harus ditutup rapat sehingga tidak dapat dimasuki oleh uap air dan udara luar.

    Itulah beberapa manfaat dan makanan yang terbuat dari ubi jalar atau ubi cilembu ini. Masih banyak jenis makanan lain yang bisa dibuat dari ubi ini.

    4 comments:

    1. Saya juga hobi loh.. Makan ubi ini, khususnya yang sudah dipanggang rasanya lebih menggoda.

      ReplyDelete
    2. kalo aku suka yg dibikin keripik. mantap.

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad