Header Ads

  • Breaking News

    5 Cara Mencegah Penyakit Anemia

    5 cara mencegah penyakit Anemia

    Anemia adalah sebuah kondisi dimana sel darah merah kita menurun. Masyarakat umum menyebutnya dengan gejala kurang darah. Dan penyakit ini bisa menyerang siapa pun, baik pria maupun wanita.

    Penurunan sel darah merah ini memiliki banyak faktor yang menyebabkan sel darah merah ini bisa menurun, sehingga dapat membuat kita hilang keseimbangan.

    Gejala penyakit ini biasanya ditandai oleh sering pusing, letih, lesu, kurang bergairah dan hawanya mudah mengantuk dipagi hari. Gejala tersebut yang sering ditemui pada kebanyakan orang, tapi untuk lebih yakin lagi sebaiknya anda cek ke Dokter.

    Kebanyakan dari kita kurang memperhatikan kesehatan, sehingga apabila terjadi gejala seperti yang disebutkan diatas, kita menganggap biasa saja dan berprasangka mungkin kita terlalu keras dalam bekerja maupun beraktifitas.

    Yang perlu anda waspadai dari gejala kurang darah ini adalah tiba-tiba pandangan mata anda menjadi gelap seakan-akan berada diruang kosong dan menyebabkan anda tidak ingat apa pun. Bila terjadi hal demikian berarti anda mengalami kekurangan darah sangat banyak.

    Faktor penyebab terjadinya kurang darah sangatlah banyak, dari mulai kekurangan zat besi, vitamin B12, Mineral, Asam folat dan asupan gizi lainnya yang menyebabkan tubuh hilang keseimbangan.

    Agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, maka anda harus sering mengkontrol asupan gizi yang masuk agar bisa seimbang yang diserap oleh tubuh. Berikut ini ada beberapa makanan yang harus diperhatikan karena bisa menambah jumlah sel darah anda.

    5 cara untuk mencegah anemia



    1. Bayam

    Bayam banyak mengandung zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia. Usahakan mengkonsumsi sayuran jenis ini agar asupan zat besi dalam tubuh menjadi seimbang. Karena fungsi lain dari bayam untuk menguatkan tulang dan gigi.

    2. Hati Ayam, Sapi, dan Kambing

    Hati sapi, kambing dan ayam sangat baik untuk menambah sel darah merah. Karena menurut para peneliti bagi orang yang kekurangan sel darah merah sebaiknya rajin mengkonsumsi hati sapi, kambing, dan ayam 1 minggu 3x. Jadi, pastikan anda mengkonsumsi hati sapi, kambing maupun ayam untuk menambah sel darah merah.

    3. Susu

    Mengkonsumsi susu terbukti sangat baik untuk menambah sel darah merah. Sebagaimana kita ketahui bahwa susu memang terbukti ampuh menambah sel darah. Usahakan mengkonsumsi susu murni sehari 1x untuk menambah sel darah anda.

    4. Telur

    Telur adalah sebuah makanan yang kaya akan protein yang baik untuk tubuh kita. Anda bisa mengkonsumsi telur untuk mencegah anemia sebelum menurun drastis. Telur yang sebaiknya dikonsumsi adalah telur yang sudah direbus terlebih dahulu.

    5. Madu

    Mengkonsumsi madu juga terbukti sangat baik untuk mencegah anemia. Karena dalam kandungan madu mengandung zat besi, tembaga, magnesium untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Maka sebaiknya anda mengkonsumsi madu sehari 1x walau hanya 1 sendok makan.

    Nah, dari ke 5 makanan ini saya rasa sudah cukup untuk mencegah terjadinya anemia. Karena biasanya penyakit jenis ini tidak sadar jika kita sedang terkena gejala kurang darah.

    Jaga dan kontrol terus kesehatan anda, karena tidak selamanya kita merasa sehat dan bugar. Ada kalanya kita sehat dan sebaliknya. Perasaan sehat itu sangat menyenangkan ketimbang perasaan sakit, saya dan anda pasti tahu akan hal tersebut.

    10 comments:

    1. Wah.. Kalau saya suka makan hati kambing neng, ternyata buat obat anemia ya..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya pak, pak indra suka hati ksmbing rupanya, saya suka hati ayam pak :)

        Delete
    2. Nah, dari kelima makanan yg tersebut di atas, untuk point nomer 2 saya tidak bisa makan. Jadi untuk mencegah anemia, saya cuma bisa mengkonsumsi empat dari kelima point yg tersebut di atas. Hikz....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Lho kenapa pak djacka nggak makan hati, takut sakit ya.. :)

        Delete
    3. Saya sering mengalami gejala-gejala letih dan lesu seperti yang neng maya sebutin di atas, apakah saya terkena gejala anemia yah? Mudah-mudahan sih hanya kecapena biasa karena terlalu sibuk bekerja. Tapi tipsnya dengan mengkonsumsi 5 makanan sehat diatas semoga bisa mengatasi semua permasalahan yang saya alami. Nuhun pisan sharingnya ya neng?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa jadi pak, jika rasa letih berlanjut segera periksa ke dokter.

        Delete
    4. *ralat
      Neng Wulan maksudnya. Maaf yaa..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Santai saja pak, mungkin di angan pak maman ada bayang bayang bu maya jadi salah sebut. :D

        Delete
    5. ngantuk di pagi hari ya? hm, kayaknya kalo orang begadang nggak ngefek ya? itu apa bisa disebut murni ngantuk ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau begadang nggantuk dinpagi hari kurang tidur. :)

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad