Header Ads

  • Breaking News

    Cara Mengatasi Bau Badan

    Bau badan berasal dari keringat yang keluar dari pori-pori tubuh kita. Keringat adalah cairan bening yang terdiri dari air, garam, urine dan beberapa zat lainnya, yang berhubungan dengan sistem pengaturan suhu di dalam tubuh kita.

    Terjadinya keringat yaitu disebabkan tubuh kita yang aktif bergerak, oleh karena itu keluarlah keringat sebagai suatu proses yang alami. Jika tubuh kita bergerak tetapi tidak mengeluarkan keringat itu perlu diwaspadai.

    Keringat juga bisa berpengaruh dari pola makan sehat dan gaya hidup kita. Contohnya jika kita makan makanan yang sehat dan tidak sembarang makan, maka keringat yang kita keluarkan pun tidak terlalu berbau.

    Lalu kenapa keringat yang kita keluarkan terkadang berbau kurang enak? Keringat yang berbau itu akibat penumpukan bakteri di daerah tubuh kita yang tertutup. Sebagai contoh di wilayah ketiak. Wilayah ketiak yang tertutup bisa menimbulkan bau yang kurang enak dikarenakan terjadinya pembusukan di wilayah tersebut dan menimbulkan berkembangbiaknya bakteri.

    Oleh karena itu kita harus rajin merawat dan membersihkan tubuh kita agar tidak ada bakteri yang menempel lagi. Sehingga kita terbebas dari bau badan yang terkadang membuat kita minder.

    Berikut beberapa tips yang bisa di jadikan referensi agar terhindar dari bau badan yang mengganggu :

    7 Cara Mengatasi Bau Badan





    1. Mandi

    Mandi sudah menjadi kebutuhan setiap hari. Jadi siapa pun yang jarang mandi pasti akan terlihat dari wajahnya yang kusut dan terkadang di iringi bau badan yang kurang sedap. Mandilah minimal 2x sehari. Untuk lebih efektif gunakan sabun anti septik untuk membunuh bakteri. Kemudian gosok dan siramlah tubuh secara perlahan di daerah rawan keringat. Seperti ketiak, leher, dahi, kepala. Kemudian keringkan tubuh dengan handuk yang bersih dan memiliki daya serap yang tinggi.

    2. Gunakan anti keringat

    Anti keringat atau yang biasa disebut dengan antiperspirant adalah zat yang terdiri dari senyawa aktif garam alumunium yang berfungsi untuk menghambat produksi kelenjar keringat. Biasanya digunakan di ketiak atau di daerah-daerah yang membutuhkan. Pemakaian yang efektif adalah pada pagi hari atau sehabis mandi. Akan tetapi produk ini memiliki efek samping yang kurang baik, karena membuat kerja keringat terhenti sehingga berefek pada kerja metabolisme tubuh.

    3. Gunakan Deodoran

    Kita juga boleh menggunakan wewangian akan tetapi jangan berlebihan. Jenis deodoran yang biasa digunakan seperti bedak yang berfungsi menyerap keringat dan parfum yang menghilangkan bau badan setelah berolahraga seperti rexona.

    4. Scrub

    Scrub digunakan untuk membuang sisa-sisa sel mati yang dapat menyebabkan penumpukan bakteri. Lakukan scrub sebulan sekali, cara ini sangat baik untuk membersihkan badan dari kotoran kulit mati.

    5. Bath oil

    Bath oil yaitu mandi dengan menggunakan air hangat yang ditambahkan minyak penyegar untuk menyegarkan kulit. Bath oil juga dapat membunuh bakteri.

    6. Resep tradisional

    Selain perawatan dari luar kulit, perawatan dari dalam juga penting agar kulit kita sehat luar dan dalam. Seperti memakai :

    • memakan daun kemangi sebagai lalapan ketika makan, daun kemangi bisa membuat ketiak tidak bau.


    • Daun sirih yang digunakan untuk kesehatan tubuh, yaitu dengan jalan daun sirih direbus dan diminum 3x sehari.


    • Kunyit juga baik untuk kesehatan tubuh, caranya kunyit direbus dan diminum airnya.


    7. Air putih dan makanan bergizi

    Minum air putih sangat baik untuk kesehatan dan juga untuk memperlancar metabolisme tubuh. Sehingga dianjurkan minumlah air putih 8 gelas sehari.

    Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

    2 comments:

    1. Bau badan adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Karena nau badan juga berkaitan dengan kesehatan tubuh kita.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul pak Indra apalagi musim panas ini yg perlu diperhatikan

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad