Header Ads

  • Breaking News

    10 Manfaat dari Buah Kiwi

    10 Manfaat dari Buah Kiwi

    Saat berjalan di Mall atau pun Supermarket mata kita pasti pernah melihat sekilas tentang buah yang satu ini. Kulit tampilan luar berwarna coklat dan saat dibelah menjadi dua bagian akan terlihat deretan biji kiwi yang tersusun secara rapi.

    Buah kiwi selain rasanya asam dan manis, ternyata mengandung khasiat dan manfaat untuk kesehatan manusia. Nutrisi dalam buah kiwi ini luar biasa, terbukti banyak orang yang mengkonsumsi untuk diet mereka.

    Pernahkah anda berpikir, dari mana asal muasal buah kiwi ini? Buah kiwi awalnya berasal dari Lembah Kang Chiang di China dan juga dikenal sebagai Gooseberry China. Konon, setelah orang Selandia Baru melihat potensinya buah tersebut lalu diberi nama kiwi diambil dari nama burung kiwi. Burung kiwi adalah simbol nasional Selandia Baru dan buah kiwi dikatakan menyerupai dengan kulitnya yang coklat dan bentuknya yang lucu. Sebab itu mereka memberi nama buah ini, dengan nama kiwi.

    Bukan hanya bentuknya yang lucu, namun buah kiwi ini juga menyimpan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Hal tersebut banyak dilakukan eksperimen oleh para ilmuwan masa kini. Riset yang mereka lakukan untuk menemukan berbagai khasiat dan obat bagi berbagai penyakit.

    Dan berikut ini berbagai khasiat buah kiwi yang berhasil saya rangkum, agar anda bisa mengetahuinya pula, dan tak ragu untuk mengkonsumsinya.

    Khasiat Buah Kiwi Bagi Tubuh



    1. Membantu menurunkan berat badan

    Satu buah buah kiwi hanya mengandung 57 kalori per 100 gram, jadi ini adalah tambahan harian yang sangat baik untuk asupan buah bagi tubuh anda. Karena mengandung serat dalam jumlah besar (2,1 gram), ini membantu membuat anda merasa kenyang, sehingga anda bisa makan lebih sedikit. Ini adalah berita bagus bagi pengamat berat badan.

    2. Meredakan asma pada anak-anak

    Mengkonsumsi buah kiwi pada anak-anak, akan mengurangi gejala asma atau flu pada di anak. Karena itu bagi ibu-ibu dianjurkan untuk mrmberi bush kiwi ini pada anak supaya pertumbuhan anak tak terganggu oleh batuk ataupun flu.

    3. Meredakan sembelit

    Jika anda menderita konstipasi, buah kiwi adalah obat pencahar yang sangat baik karena kandungan seratnya membantu menjaga pergerakan usus tetap teratur. Kiwi mengandung actinidine, yang merupakan kunci untuk pencernaan yang efisien. Kombinasikan itu dengan olahraga dan banyak cairan untuk mencegah sembelit.

    4. Memelihara kulit Anda

    Elemen kunci lainnya dalam buah ini adalah pasokan vitamin C dan E yang banyak. Ini penting dalam membantu anda menumbuhkan sel kulit baru. Jika anda makan nutrisi yang tepat, seluruh sistem kekebalan tubuh anda akan diuntungkan. Kulit bercahaya anda akan menjadi kesaksian akan hal itu.

    5. Membantu penderita diabetes

    Hal yang hebat tentang kiwi adalah kandungan glikemiknya yang rendah, yang menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Selain itu, ia hanya memiliki 14,6 gram karbohidrat per 100 gram. Perlu diketahui juga, buah apapun harus dimakan secukupnya saat diabetes hadir, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter anda.

    6. Mengurangi penggumpalan darah

    Penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi sama efektifnya dengan aspirin dalam membantu menjaga darah agar tidak membeku. Tidak ada efek samping. Mereka dapat menunjukkan bahwa mengkonsumsi hingga tiga kiwi sehari efektif dalam mencegah gumpalan darah berbahaya ini.

    7. Pencegahan kanker

    Sangat menarik untuk mengetahui bahwa buah kiwi digunakan sebagai alat pencegahan kanker sejauh 700 SM di Asia. Fakta bahwa kiwi memiliki konsentrasi flavonoid dan karotenoid yang tinggi sehingga bisa memiliki fungsi antioksidan yang kuat. Hal ini penting dalam menjaga aktivitas radikal bebas di tubuh dan juga dapat membantu melindungi DNA.

    8. Menyediakan folat

    Jika anda berpikir untuk memulai sebuah keluarga, dokter anda mungkin menyarankan agar ibu hamil mengambil lebih banyak folat, karena terbukti cara yang efektif untuk mengurangi cacat kelahiran. Ini juga membantu anda membuat sel darah merah, yang sangat berguna dalam mencegah anemia. Jumlah folat dalam kiwi sekitar 10% dari dosis yang dianjurkan sehari-hari, yang berjumlah 17 mikrogram.

    9. Tidur nyenyak

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi buah kiwi secara teratur, tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Makan dua buah kiwi sebelum tidur selama sebulan membantu subjek tidur lebih cepat dan mengurangi gangguan tidur.

    10. Mengurangi kolesterol berbahaya

    Salah satu manfaat terbesar dari buah Kiwi adalah membantu menjaga tingkat kolesterol anda terkendali. Periset di Massey University di Selandia Baru menemukan bahwa konsumsi buah kiwi merupakan faktor dalam membantu mengurangi kolesterol jahat. Mereka percaya bahwa ini disebabkan, sebagian, pada tingkat polifenol yang tinggi yang ditemukan di dalamnya.

    Seperti yang telah kita lihat, ada banyak manfaat kesehatan dalam memakan buah kiwi ini. Jadi lain kali anda pergi berbelanja, mengapa tidak membeli buah kiwi yang bentuknya jelek dan sederhana? Akan tetapi memiliki banyak manfaatnya.

    Itulah 10 khasiat buah kiwi yang bisa menjaga dan mengobati berbagai penyakit di tubuh kita. Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

    4 comments:

    1. kalo aku sih jujur belum pernah makan buah kiwi kayaknya deh. penasaran aku,

      poin yang aku masih terngiang tentu pada khasiatnya yang bisa merawaat kulit. apa nantiny a kulit kita bisa mulus kayak orang jepang, mbak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mas, kalau rajin konsumsi.. hehe

        Delete
    2. Saya juga hoby makan buah kiwi loh neng wulan..

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad