Header Ads

  • Breaking News

    7 Makanan Paling Bergizi Wajib Dikonsumsi

    7 Makanan Paling Bergizi Wajib Dikonsumsi

    Meninum multivitamin setiap hari mungkin merupakan cara yang baik untuk mendapatkan beberapa nutrisi ke dalam sistem tubuh kita, namun multivitamin terkadang memiliki efek samping yang harus kita hindari. Tahukah anda? Multivitamin bisa kita dapatkan dari makan sayuran dan buah.

    Jika Anda memilih kombinasi makanan yang tepat, Anda dijamin mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat. Anda hanya perlu tahu makanan mana yang paling banyak mengandung nutrisi.

    Menurut beberapa penelitian untuk membantu Anda lebih sehat ada ribuan makanan berbeda yang mengandung setidaknya beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Makanan kaya gizi ini termasuk makanan paling sehat dan menjadi dasar makanan sehat kita.

    Selain itu, bahwa makanan paling sehat  adalah sumber nutrisi alami dan nutrisi paling padat. Makanan ini juga merupakan makanan dengan rasa terbaik, paling mudah didapat, pada umumnya, dan harganya pun sangat murah. Jika Anda ingin mengubah makanan Anda untuk makanan lezat dan alami, makanan kaya gizi, 7 makanan yang saya rangkum ini adalah pilihan yang tepat. 

    7 Makanan Paling Bergizi Wajib Dikonsumsi



    1. Sayuran

    Anda tidak bisa memperdebatkan manfaat kesehatan dari makanan kaya nutrisi dari sayuran. Sayuran menjaga nafsu makan Anda agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau terlalu sedikit makan. Mereka menurunkan tekanan darah dan risiko masalah pencernaan dan mata. Sayuran juga mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

    Di antara sayuran paling bergizi yang bisa Anda makan adalah:
    Brokoli, Kubis, Wortel, Seledri, Sawi, Mentimun, Bawang putih, Bawang bombai, Kentang, Selada putih, Rumput laut, Bayam, Daun ubi jalar, dan Lobak.

    2. Buah-buahan

    Buah adalah obat terbaik lengkap dengan mineral, vitamin, anti oksidan, dan sejumlah mikronutrien nabati lainnya yang bermanfaat. Makanan ini secara alami rendah lemak dan kalori, dan tidak ada yang memiliki kolesterol. Nilai pencegahan penyakit yang tinggi mencakup perlindungan dari penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan obesitas.

    Beberapa buah yang paling bergizi yang dapat Anda tambahkan ke makanan Anda adalah:

    Apel, Pisang, Blueberry, Cranberry, Jeruk bali, Anggur, Buah kiwi, Lemon, Jeruk, Pepaya, Buah pir, Nanas, Stroberi, dan Semangka.

    3. Kacang polong

    Kacang polong merupakan salah satu sumber serat larut yang paling baik. Mereka kaya akan jumlah zat besi, magnesium, dan asam folat yang sehat. Zat besi dari kacang polong sangat membantu bagi orang yang tidak makan daging. Selain itu, kacang polong rendah lemak dan protein berkualitas tinggi, yang merupakan kombinasi penguat kesehatan yang kuat. 

    Diantaranya: Kacang panjang, Kacang buncis, Kacang merah, Kacang kedelai, Tahu dan Tempe.

    4. Makanan Hasil Laut

    Makanan hasil Laut atau sering dibilang Seafood menyediakan nutrisi penting, terutama asam lemak omega-3, EPA dan DHA yang membantu mencegah dan mengurangi penyakit kronis, seperti diabetes, artritis dan penyakit jantung. Sebuah penelitian mengatakan "Ikan adalah makanan dengan nilai gizi yang sangat baik, menyediakan protein berkualitas tinggi dan berbagai macam vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan D, fosfor, magnesium, selenium dan yodium yang terdapat dalam ikan laut." Karena nilai gizi seafood yang tinggi, para ahli menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi makanan hasil laut, seperti ikan, kerang dan udang.

    5. Kacang dan biji

    Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein, vitamin, serat dan karbohidrat kompleks yang lezat dan andal. Makanan ini juga memberi banyak gizi untuk kebutuhan tubuh manusia.

    Beberapa kacang dan biji yang paling bergizi  adalah: Kacang almond, Kacang mete, Biji labu, Biji wijen, Biji bunga matahari,  dan Kenari.

    6. Daging

    Daging  menyediakan protein penting yang memiliki kandungan lemak dan kalori lebih rendah dibandingkan daging tanpa lemak. Daging Unggas menyediakan vitamin penting seperti vitamin B3 dan vitamin B6, serta trace mineral seperti selenium dan kolin. Kolin membantu dengan fungsi saraf yang tepat. Jika Anda mengikuti diet rendah lemak dan rendah kalori, daging tanpa lemak dan unggas merupakan pilihan tepat bagi Anda. Selain itu daging sapi dan daging ayam juga memiliki nutrisi yang padat.

    7. Minuman sehat

    Selain memuaskan dahaga, minuman juga bisa dijadikan bagian dari makanan sehat. Minuman yang menawarkan manfaat gizi dan kesehatan paling banyak dalam keseharian Anda.

    Tiga minuman paling bergizi yang bisa Anda minum adalah:

    ● Teh hijau, kaya akan polifenol dan katekin yang melawan berbagai jenis kanker dan membantu fungsi jantung Anda dengan baik. 

    ● Susu kedelai, anti oksidan hebat yang kaya akan banyak mineral dan vitamin esensial. 

    ● Air, membuat Anda terhindar dari hidrasi dan membawa sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mencegah kerusakan ginjal.

    Nah, itulah jenis makanan bergizi yang berhasih saya rangkum. Sebenarnya masih ada banyak makanan lain yang memiliki nutrisi terbaik untuk kesehatan, seperti minyak zaitun yang tidak masuk dalam daftar ini. Namun meskipun demikian ulasan singkat yang saya sampaikan dapat membantu Anda yang sedang melakukan perawatan tubuh supaya tetap sehat tanpa harus minum obat.

    4 comments:

    1. Yaa!! Pada intinya semua makanan atau buah2han, bahkan sayuran yang ada dialam ini semuanya punya nilai gizi serta manfaat kegunaannya.

      Urusan sehat tergantung pada diri kita masing-masing, bila mengkonsumsinya secara benar sudah pasti sehat.

      Ok thanks nih sudah berbagi info makanan serta sayuran sehat..πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama sama pak, terimakasih juga sudah mampir di rumah ini.

        Delete
    2. dari beberapa yg tertulis di atas aku jarang mengkonsumsi kacang polong. jarang banget aku temui.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Biasanya kacang polong banyak di jual di pasar.

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad